BUMD

Ancol Gandeng Pemkab Berau untuk Hadirkan Wisata Laut Berbasis Konservasi

Penandatanganan nota kesepahaman bersama (MOU) antara Pemerintah Kabupaten Berau dengan PT. Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta (9/3). (Dok Humas Taman Impian Jaya Ancol)

Jakarta Review, Jakarta – Taman Impian Jaya Ancol sebagai pengelola kawasan rekreasi pinggir pantai yang berbasis edukasi dan konservasi, merasa perlu menjalin kerjasama untuk memperkaya konten keanekaragaman hayati yang terdapat di kepulauan Indonesia. Melalui proses penjajakan yang dilakukan sebelumnya, dengan melakukan kunjungan ke beberapa destinasi di Kabupaten Berau, inisiatif Manajemen Ancol tadi kemudian mendapat respons positif dari pemerintahan tersebut.

Hasil dari kunjungan diwujudkan dengan kerjasama wisata dan rekreasi, konservasi ekosistem, penelitian, dan penyelamatan biota laut. Kerjasama ini dimaksudkan untuk meningkatkan konten informasi dan edukasi mengenai kekayaan keragaman hayati Indonesia. Selain itu dalam kerjasama tersebut juga akan dilakukan pengelolaan potensi sumber daya alam daerah di Kabupaten Berau melalui program penyebarluasan pengetahuan dan wawasan tentang biota yang ada di Kabupaten Berau serta penyelamatan terhadap biota yang terancam agar kesadaran masyarakat mengenai keanekaragaman hayati beserta ekosistem di Kabupaten tersebut meningkat.

“Kami berharap dengan misi kerjasama ini, Ancol dan Pemerintahan Kabupaten Berau dapat saling melengkapi dalam melakukan edukasi serta konservasi, agar kekayaan biota laut Indonesia terjaga kelestariannya,” ujar C.Paul Tehusijarana Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol.

Selain itu, dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama hari ini di Putri Duyung Cottage, Ancol, Jakarta Utara, nantinya juga akan dilakukan pengelolaan potensi sumber daya alam daerah Kabupaten Berau melalui program penyebarluasan pengetahuan dan wawasan tentang biota yang ada di Kabupaten Berau, serta penyelamatan biota yang terancam. Tujuannya, agar kesadaran masyarakat terkait keanekaragaman hayati dapat meningkat.

Sebagai salah satu lembaga konservasi, sejauh ini Ancol telah menerapkan upaya-upaya pelestarian biota laut seperti breeding lumba-lumba di Ocean Dream Samudra, serta memperkaya jenis biota melalui Seaworld Ancol. Sejalan dengan konsep edutainment yang diusung selama ini, wisatawan Ancol tidak hanya disuguhkan beragam hiburan, namun juga dilengkapi dengan nilai-nilai edukasi.

“Di samping supaya menjaga kekayaan biota laut dan meningkatkan pariwisata di Kabupaten Berau, tentu kami berharap semoga melalui kerjasama ini dapat menguntungkan kedua belah pihak,” kata Bupati Berau Muharram.

Muharram menambahkan, beberapa keuntungan lain pun diharapkan tercapai. “Sebagai kabupaten yang bercita-cita besar sebagai destinasi wisata terbaik di Indonesia, tentu kami ingin mendapatkan masukan, serta menambah jaringan internasional melalui paket-paket wisata yang ada, sehingga dapat mendukung pembangunan infrastruktur yang ada di Kabupaten Berau,” katanya.

Aktualisasi atas penandatangana MoU kerjasama ini diharapkan secepat mungkin dapat dilaksanakan. Setidaknya, hingga akhir tahun ini pola investasi dan perencanaan pembuatan akuarium raksasa atau Seaworld generasi ke-2, dapat dihasilkan oleh kedua belah pihak. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close