BUMD

Gelar The Weekender, Hipmi Jaya Dukung Revitalisasi Pasar di Jakarta

Hipmi Jaya menjalin kolaborasi bersama Market Museum dan PD Pasar Jaya, menggelar kegiatan The Weekender yang berkonsep Flea Market pertama di Jakarta. Acara yang berlangsung selama dua hari ini (30 Juni – 1 Juli 2018), diadakan di Pasar Santa, Jakarta Selatan. ( Dok PD Pasar Jaya)

Jakarta Review, Jakarta – Hipmi Jaya sebagai perhimpunan pengusaha muda di Jakarta yang sebagian besar anggotanya merupakan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), berinisiatif mengembalikan fungsi pasar sebagai tempat jual beli yang seru dan menyenangkan.

Ketua Hipmi Jaya Bidang UKM dan Startup, Diatce G Harahap, mengungkapkan, pihaknya bersama Market Museum dan PD Pasar Jaya, menggelar kegiatan The Weekender yang berkonsep Flea Market pertama di Jakarta. Acara yang berlangsung selama dua hari ini, 30 Juni hingga 1 Juli 2018, diadakan di Pasar Santa, Jakarta Selatan (Jaksel).

“Perkembangan industri UKM semakin akif dan terus meningkat, terutama di Jakarta. Oleh karena itu, kami menjalin kolaborasi dengan Market Museum menyelenggarakan The Weekender sebagai bentuk nyata dalam memberikan wadah bagi UKM untuk menjual produknya,” kata Diatce di Jakarta, Sabtu (30/6).

Melalui acara ini, kata Diatce, pihaknya ingin terus memberikan kesempatan bagi UKM di Jakarta untuk terus naik kelas. “Lebih dari itu, kami melihat kondisi pasar di Jakarta juga kurang diminati kalangan milenial. Dengan dukungan PD Pasar Jaya, kami mempunyai mimpi yang sama untuk mengembalikan fungsi pasar sebagai tempat yang seru dan menyenangkan,” tambahnya.

Salah satu co-founder Market Museum, Namira Syarfuan, mengatakan, The Weekender menghadirkan 32 UKM di Jakarta, yang diharapkan dapat membuat kalangan milenial memperhitungkan pasar sebagai tempat alternatif untuk berbelanja.

“Kolaborasi ini merupakan bentuk CSR kami kepada komunitas yang sudah mendukung Market Museum selama beberapa tahun terakhir. Biasanya, kami membuat pop-up bazaar di mal ataupun tempat outdoor yang kondusif. Ini pertama kalinya, kami mengadakan pop-up bazaar yang mengambil lokasi di pasar,” kata Namira.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasruddin, mengatakan, pihaknya mengapresiasi jalinan kolaborasi dengan Hipmi Jaya dan Market Museum. “Keduanya mempunyai tujuan yang sama dengan pihak kami, yakni bagaimana membuat pasar-pasar di Jakarta kembali menjadi tempat yang menyenangkan. Kegiatan ini langsung saya dukung 100 persen,” kata Arief.

Menurutnya, kegiatan The Weekender yang berlangsung di Pasar Santa ini hanya sebagai titik awal. “Kita akan lihat hasilnya nanti. Kalau tanggapan dari masyarakat positif, tidak menutup kemungkinan kita akan adakan acara sejenis di pasar-pasar lainnya di Jakarta,” tandasnya.

Ketua Umum Hipmi Jaya, Afifudin Kalla, menambahkan, pihaknya melihat acara The Weekender dapat menjadi salah satu penyemangat kalangan pelaku UKM di Jakarta untuk terus berkreasi dan berkarya.

“Oleh karena itu, kami akan secara berkesinambungan mengadakan acara-acara serupa khusus untuk para UKM di Jakarta,” tutup Afifudin Kalla.

Sumber: BeritaSatu.com

Tags

Artikel Terkait

Close