BUMDKORPORAT

Handaka Santosa: Perkulakan Genapkan Fungsi PD Pasar Jaya

Ketua Badan Pengawas PD Pasar Jaya Handaka Santosa memberikan sambutan dalam acara ground breaking Pusat Perkulakan (Jakgrosir) di Pasar Induk Kramat Jati, 18/4/2017. (Sigit Artpro)

Jakarta Review – Ketua Badan Pengawas PD Pasar Jaya Handaka Santosa bersyukur setelah sempat tertuda beberapa kali, proses pembangunan fisik pusat perkulakan (Jakgrosir) Kramat Jati akhirnya bisa terlaksana.

“Mudah-mudahan setelah ground breaking di Kramat Jati ini bisa menyemangati kami untuk mengakselerasi proses pembangunan perkulakan di tempat lain yakni di Pulo Gebang dan Kepualuan Seribu,” ujar Handaka memberikan pemaparan kepada sejumlah awak media di sela ground breaking perkulakan Kramat Jati, 18/4.

Menurutnya fungsi PD Pasar Jaya ada tiga hal. Pertama adalah melaksanakan pelayanan umum dalam bidang pengelolaan area pasar, membina pedagang pasar dan ikut membantu stabilitas harga dan kelancaran distribusi barang dan Jasa.

“Salah satu yang terpenting adalah bagaimana ikut berperan dalam menstabilkan harga. Memang ada fungsi lain dari Bulog dan lain-lain, tapi kami juga punya potensi untuk ikut berperan menciptakan stabilitas harga juga,” cetusnya.

Handaka menambahkan kehadiran pusat perkulakan bisa membantu suplai barang menjadi lebih mudah dan murah. Dengan demikian pedagang nggak direpotkan lagi dengan suplai yang naik- turun yang harganya fluktuatif.

“Selama pasar tradisional selalu kalah dengan pasar modern karena mereka lebih dapat suplai yang lebih terjamin dengan kontrak dan lain-lain,” tuturnya.

Membina Pedagang

Selain menciptakan stabilitas harga dan pasokan barang, kehadiran perkulakan lanjut Handaka juga membuat pihaknya bisa membina pedagang. Selama ini diakui Handaka fungsi pembinaan memang kurang dilakukan oleh PD Pasar Jaya.

Di perkulakan lanjut Handaka, pedagang akan diberikan kartu identitas yang bisa digunakan untuk belanja diperkulakan sekaligus akses kredit permodalan ke Bank DKI.

“Singkatnya perkulakan akan menggenapkan fungsi kami dalam mendorong stabilisasi harga dan kelancaran distribusi barang serta membina pedagang terutama dalam hal pemberian akses kredit dan pembelian barang murah. Selain itu juga memberikan persepsi yang bagus kepada konsumen terhadap pasar tradisional,” tandasnya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close