BUMD

Jelang Natal dan Tahun Baru, Food Station Siap Gelar Operasi Pasar Beras Medium di PIBC

Rapat Kordinasi Persiapan Pelaksanaan Operasi Pasar Beras Medium di Kantor Food Station, Selasa, (6/11/2018). (Dok: Food Station)

Jakarta Review, Jakarta – PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai BUMD pangan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, dalam waktu dekat bersiap menggelar Program Operasi Pasar Beras Medium di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC).

Pelaksanaan Operasi Pasar Beras Medium tersebut diputuskan dalam rapat kordinasi yang digelar oleh stake holder perberasan yang ada di PIBC pada Selasa, 6 November 2018 di Kantor PT Food Station Tjipinang Jaya.

Selain stake holder perberasan yang ada di PIBC,dDalam rapat tersebut hadir pula Kementerian Perdagangan, Perum Bulog, Mabes Polri,  Dinas KPKP Prov. DKI Jakarta, Bank Indonesia Perwakilan Wilayah DKI, Biro Perekonomian Prov. DKI Jakarta dan Pengurus Perpadi DKI Jakarta.

“Dalam kondisi apapun, kami selalu menjaga stok beras di PIBC agar tak kurang dari 3000 ton setiap harinya, agar stabilitas pasokan dan harga beras di DKI menjadi aman. Namun demikian sejak awal bulan Oktober 2018 terus harga beras medium terus mengalami kenaikan. Karena itulah untuk menahan laju kenaikan harga tersebut dalam rapat ini kami putuskan untuk menggelar Operasi Pasar Beras Medium di PIBC,” ujar Arief.

Hasilnya rapat menyepakati untuk mengantisipasi kenaikan harga beras dan pasokan beras medium, maka mulai November hingga Maret 2019 akan dilakukan Operasi Pasar Beras Medium di DKI Jakarta.

Arief mengatakan melalui pelaksanaan Operasi  Pasar yang akan digelar setiap hari di DKI Jakarta mulai November hingga Maret 2019 tersebut, harga beras bagi warga Jakarta dapat dikendalikan. Apalagi dalam waktu dekat akan hadir Perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Karena itu ia berharap pelaksanaan Operasi Pasar ini bisa diketahui secara meluas oleh masyarakat Jakarta.

Sebelumnya terkait persiapan pelaksanaan operasi pasar tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah mengirimkan surat kepada Menteri Perdagangan, dan Menteri Perdagangan sudah menugaskan Bulog untuk melakukan Operasi Pasar di PIBC melalui Food Station. PIBC akan memulai Operasi Pasar Beras Medium secara Masif di PIBC dengan harga Rp 8500/Kg sd Rp 9000/Kg.

Dengan demikian pelaksanaan Operasi Pasar tersebut sejalan dengan keinginan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memerintahkan SKPD terkait bersinergi dengan BUMD Pangan untuk memberikan kontribusi dalam menahan laju inflasi di DKI Jakarta, meningkatkan jumlah stok beras untuk mengamankan kebutuhan pangan masyarakat Jakarta dan sekitarnya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close