BUMD

PD Pasar Jaya Ingin Pasar Jadi Destinasi Wisata Peserta dan Official Asian Games

Backdrop dan umbul-umbul Asian Games tampak terlihat di Kantor Pusat PD Pasar Jaya di Cikini. Pamasangan Backdrop dan umbul-umbul tersebut sebagai wujud dukungan konkrit PD Pasar Jaya terhadap suksesnya penyelenggaraan Asian Games di Jakarta. (Dok Humas PD Pasar Jaya)

Jakarta Review, Jakarta – Penyelenggaraan Asian Games di Jakarta semakin dekat. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta beserta jajarannya makin sibuk mempercantik kotanya. Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau bahkan Kantor Walikotamadya, Kecamatan hingga Kelurahan juga ikut sibuk berbenah.

Tak ayal di sejumlah kantor SKPD, Walikota, Kecamatan dan Kelurahan, saat ini kita bisa menemukan berbagai atribut dukungan dan spanduk yang bertemakan dukungan terhadap pelaksanaan pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia tersebut.

Nah, tak mau ketinggalan dengan SKPD dan kantor jajaran pemerintahan tersebut, PD Pasar Jaya selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta juga melakukan hal serupa.

Di kantor pusatnya yang ada di daerah Cikini, kini sudah terpasang spanduk, umbul-umbul dan berbagai atribut dukungan suskes penyelanggaraan Asian Games. Selain di Cikini PD Pasar Jaya juga memasang atribut yang sama di sejumlah pasar tradisional yang dikelolanya.

Beberapa pasar tersebut antara lain, Pasar Mayestik, Pasar Koja, Pasar Rawamangun, Pasar HWI, Pasar Glodok dan Pasar Induk Kramat Jati. Keenam pasar tersebut tersebar di lima wilayah Jakarta.

“Selain di kantor pusat yang ada di Cikini, Ada 6 pasar yang ikut memasang atribut Asian Games. Keenam pasar tersebut diputuskan sesuai dengan sebaran wilayah Jakarta,” ujar Arief Nasrudin Direktur Utama PD Pasar Jaya.

Selain mempercantik pasar dengan memasang atribut dan spanduk dukungan terhadap penyelanggaraan Asian Games, PD Pasar Jaya juga berencana akan membuat gerai atau stand bekerjasama dengan Gerakan OK OCE di venue-venue Asian Games terutama di 2 tower wisma atlet yang ada di Kemayoran.

Pendirian stan tersebut dilakukan untuk mempromosikan eksistensi perusahaan daerah yang dimiliki Ibukota ini kepada tamu-tamu negara peserta Asian Games.

“Kami ingin mempromosikan eksistensi PD Pasar Jaya selaku BUMD milik DKI kepada tamu dari manca negara peserta Asian Games,” tutur Arief.

Tak hanya itu, Arief juga ingin ada sesi khusus yang dibuat agar tamu manca negara tersebut bisa diarahkan berkunjung ke sejumlah pasar yang dimiliki PD Pasar Jaya. Misalnya ke Pasar Tanah Abang, Mayestik, Santa, Koja dan sejumlah pasar lainnya.

Menurut Arief hal tersebut bisa dilakukan karena di wisma atlet sudah disiapkan sejumlah kendaraan operasional yang disiapkan oleh PT Transportasi Jakarta bekerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI untuk membawa peserta Asian Games tersebut ke sejumlah lokasi pertandingan dan destinasi wisata menarik yang ada di Jakarta.

“Jadi kami ingin pasar juga menjadi salah satu paket destinasi wisata bagi atlet, official dan tamu dari manca negara yang ikut serta dalam penyelenggaraan Asian Games di Jakarta,” tandasnya.

Dengan demikian lanjut Arief dampak ekonomi dari perhelatan Asian Games di Jakarta dapat dirasakan secara meluas oleh warga Jakarta pada umumnya dan pedagang di pasar pada khususnya.

Sekedar informasi, ribuan atlet dan ofisial dari berbagai negara Asia akan datang membanjiri Jakarta dan Palembang saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Selain atlet dan ofisial, diperkirakan jumlah wisatawan juga akan meningkat seiring perhelatan pesta olahraga se-Asia tersebut. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close