BUMD

Perumda Pasar Jaya Menerima Kunjungan TPID Sumut

Manajer Pasar Induk Kramat Jati Agus Lamun memberikan cidera mata kepada Sekda Sumatera Utara Hj Sabrina di Jakgrosir Kramat Jati, 26/11/2018. (Dok: Perumda Pasar Jaya)

Jakarta Review, Jakarta – Perumda Pasar Jaya menerima kunjungan kerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Utara di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin, 26 November 2018.

Rombongan dipimpin langsung oleh Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumatera Utara Demina R Sitepu dan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Hj Sabrina. Turut hadiri bersama rombongan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor dan anggota TPID lainnya.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Manajer Pasar Induk Kramat Jati Agus Lamun,  Manajer Jakgrosir Dionne Ardiono dan Manajer Agro Serefina Febriyanti

Menurut Demina selaku pimpinan rombongan, kunjungan dilakukan dalam rangka studi banding dengan TPID DKI DKI Jakarta dan untuk belajar mengenai peran BUMD di DKI Jakarta.

“Kami sedang membuat dan membangun tata kelola niaga pangan. Karena itu kami ingin belajar tata kelola perdagangan pangan dan pengembangan BUMD pangan DKI Jakarta, Seperti Food Station, Pasar Jaya, dan Dharma Jaya,” ujar Demina.

Sementara itu Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor menawarkan diri bahwa daerahnya siap menjadi pemasok berbagai komoditi pangan untuk warga Jakarta. Karena itu ia meminta Perumda Pasar Jaya berkenan mempertimbangkan tawaran kerjasama tersebut.

Untuk melihat distribusi pangan murah yang dijalankan oleh Perumda Pasar Jaya,  dalam kunjungan tersebut anggota TPID Sumut tersebut diajak untuk berkunjung Jakgrosir dan Fasilitas Mesin CAS yang ada di Komplek Pasar Induk Kramat Jati.

Manajer Pasar Induk Kramat Jati Agus Lamun menjelaskan mengenai peran vital Pasar Induk Kramat Jati dalam mata rantai distribusi pangan terutama sayur mayur dan buah-buahan untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Selain itu dijelaskan pula peran Perumda Pasar Jaya dalam menjaga ketahanan pangan bagi warga Jakarta, opersional Jakgrosir dan Mesin CAS.

“Bersama PT Food Station Tjipinang Jaya dan PD Dharma Jaya, Perumda Pasar Jaya bertugas untuk menjaga ketahanan pangan bagi warga Jakarta. Kami bertugas di hilir sementara dua BUMD Pangan lainnya bertugas di hulunya,” ujar Agus.

Ia menambahkan, pihaknya menyambut baik kunjungan kerja yang dilakukan oleh TPID Sumatera Utara ini. Menurutnya, selama ini pihaknya selalu terbuka menerima kunjungan dari TPID dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

“Perumda Pasar Jaya terbuka untuk menerima kunjungan dari pihak manapun. Baik dalam rangka studi banding atau penjajakan kerjasama untuk pengadaan komoditi pangan,”  tandas Agus. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close