BUMD

Pola Hidup Sehat Picu Kenaikan Penjualan Beras Eksotik Food Station

Kepala Bagian Perdagangan Modern PT Food Station Tjipinang Jaya, Thomas Irawan Prandjono. (Dok: FS)

Jakarta Review, Jakarta – Mulai tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat ikut mendorong peningkatan penjualan beras eksotik yang diproduksi oleh PT Food Station Tjipinang Jaya. Adapun jenis beras eksotik tersebut terdiri dari beras merah, beras hitam, beras ketan hitam, beras ketan putih dan beras japonica.

Kepala Bagian Perdagangan Modern PT Food Station Tjipinang Jaya Thomas Irawan Prandjono mengatakan tren penjualan beras eksotik yang terdiri dari beras merah, beras hitam, ketan putih, ketan hitam dan japonica pun meningkat dalam 2 tahun terakhir.

“Tahun 2018 penjualannya mencapai Rp 6 miliar atau setara dengan 323 ton beras. Untuk tahun 2019 penjualannya kami targetkan bisa mencapai Rp.10 miliar atau setara dengan 531 ton,” ujar Thomas.

Adapun jenis beras eksotik yang paling banyak terjual sampai dengan akhir tahun 2018 adalah beras merah mencapai (40 persen), japonica (32 persen), ketan hitam dan ketan putih masing-masing (11 persen), lalu terakhir beras hitam (2 persen).

Penjualan beras eksotik tersebut lanjut Thomas kebanyakan terjual melalui pola private brand, terutama di Indomaret dan Hypermart. Di kedua modern market tersebut produk beras eksotik produksi PT Food Station bisa ditemukan dengan mudah. Namun selain di kedua tempat tersebut, PT Food Station juga menjual beras eksotik melalui e-commerce atau online market dan sejumlah pameran.

“Untuk Indomaret kami menjual beras merah, ketan hitam dan ketan putih. Sementara kalau di Hypermart semua jenis beras eksotik produksi PT Food Station dijual disana. Semuanya dikemas dalam bentuk produk private brand,” ungkap Thomas.

Thomas menambahkan, peningkatan penjualan beras eksotik ini dipicu oleh mulai tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. Itu makanya mereka mulai beralih dari mengkonsumsi nasi putih ke jenis beras eksotik terutama nasi merah dan nasi hitam yang dinilai sangat baik untuk kesehatan karena kadar gulanya rendah.

Yang juga tak kalah penting lanjut Thomas, dalam beberapa tahun terakhir ini, PT Food Station memang mulai aktif  mengkampanyekan gaya hidup sehat kepada masyarakat calon konsumen. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close