BUMD

Rizal Ramli: Daerah Lain di Indonesia Mestinya Punya BUMD Seperti PT Food Station

Dirut PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi menjelaskan tentang produk perusahaannya kepada Mantan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli saat dirinya berkunjung ke Gudang dan Pasar Induk Beras Cipinang, 15 Januari 2018. (liputan6.com)

Jakarta Review, Jakarta – Mantan Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli mengunjungi gudang dan pasar beras yang ada di PT Food Station Tjipinang Jaya, Jalan Pisangan Lima, Jakarta Timur, hari ini.

Ia melihat, keberadaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI yang bergerak di bidang ketahanan pangan ini cukup berhasil dalam mengatasi mafia beras dan menstabilkan harga beras.

Karena itu, Rizal menginginkan 20 kota besar di Indonesia dapat meniru Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI  Jakarta dengan memiliki BUMD seperti PT Food Station.

“Tadi saya barusan melihat gudang beras dan laboratorium beras di PT Food Station milik Pemprov DKI. Dulu kerjanya cuma menyewakan tanah dan aset gedung disini buat pedagang pasar. Tetapi 1,5 tahun terakhir ini, dibawah Pak Arief (Dirut PT Food Station) sudah mampu menjalankan dua fungsinya,” kata Rizal Ramli disela-sela kunjungannya ke gudang beras di Food Station, Jakarta Timur, Senin (15/1).

Dua fungsi yang dijalankan BUMD DKI ini, lanjutnya, pertama, menyuplai beras murah kepada warga yang tidak mampu, khususnya yang memiliki Kartu Jakarta Pintar (KJP). Warga bisa membeli beras premium seharga Rp 6.000 per kilogram (Kg).

“Kedua, mereka juga menjual beras yang dibeli dari daerah pemasok beras ke sekitar 15.000 outlet komersial. Sebelum dijual, beras itu disortir, dibersihkan dan dipisahkan yang rusak dan yang berkualitas baik. Sehingga ketika dijual, berasnya memiliki standar yang baik,” ujarnya.

Langkah yang dilakukan Pemprov DKI ini, menurut Rizal patut dicontoh. Sebab tidak hanya memberikan kualitas beras yang terbaik bagi warga Jakarta, juga membantu petani yang dapat menjual berasnya dengan harga yang lebih tinggi.

Ia mengandaikan bila 20 kota memiliki BUMD seperti PT Food Station, maka kualitas beras di Indonesia akan semakin baik, kesejahteraan petani akan semakin meningkat dan Indonesia tidak akan kekurangan beras.

“Ini contoh bagus, agar daerah tiru model Food Station ini. Terutama kota-kota besar, seperti Medan dan Surabaya. Di 20 kota besar harus ada seperti ini. Supaya petani kita kesejahteraannya semakin meningkat,” terangnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Rizal Ramli didampingi oleh Direktur Utama PT Food Station, Arief Prasetyo Adi. Rombongan Rizal mengunjungi gudang beras, pabrik pemilahan beras dan laboratorium beras. Kemudian Rizal berkesempatan berbincang-bincang dengan beberapa pedagang beras di Pasar Induk Beras Cipinang.

Sumber: BeritaSatu.com

Tags

Artikel Terkait

Close