BUMD

Sambut Asian Games, Jakarta Tourisindo Renovasi Hotel Grand Cempaka

Desain Kamar Hotel Grand Cempaka yang telah direnovasi kini menggunakan ornamen khas betawi. Konsep betawi ini layak digunakan untuk memikat tamu hotel peserta Asian Games 2018. (Sigit artpro)

Jakarta Review – Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo, G Jeffrey Rantung mengatakan, pihaknya akan segera merenovasi Hotel Grand Cempaka. Perbaikan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan Asian Games 2018.

Hal tersebut dipastikan setelah pengajuan Penyertaan Modal Daerah (PMD) sebesar Rp26 miliar di (APBD) Perubahan disetujui oleh DPRD DKI Jakarta .

“Perbaikan akan difokuskan di Grand Cempaka Business Hotel untuk akomodasi (Asian Games),” ujar Jeffrey di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (27/9/2017) seperti dikutip Kompas.com.

Jeffrey menuturkan, jajaran direksi baru PT Jakarta Tourisindo akan “menghidupkan kembali” hotel bisnis yang kualitasnya telah menurun itu. Berbagai fasilitas bisnis akan menjadi pelengkap hotel tersebut.

Image yang paling utama adalah ini kan harus dikembalikan lagi fungsi awalnya itu hotel bisnis dengan fasilitas bisnis yang memadai dan bintang empat,” kata dia.

Renovasi hotel akan dilakukan setelah anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan 2017 diteken dan dananya dicairkan. PT Jakarta Tourisindo menargetkan renovasi selesai dalam waktu delapan bulan.

“Kami hanya punya waktu 10 bulan untuk persiapan Asian Games. Kami berharap 7-8 bulan (selesai) kalau mulai Oktober,” ucap Jeffrey.

Sekadar informasi sebelumnya di acara pisah sambut jajaran direksi baru dan lama PT Jakarta Tourisindo, Dirut PT Jakarta Tourisindo Jeffrey sempat menyatakan bahwa PT Jakarta Tourisindo memang sedang mengajukan Penyertaan Modal Daerah (PMD) sebesar Rp26 Miliar di (APBD) Perubahan. Selain digunakan untuk merenovasi Hotel Grand Cempaka juga akan digunakan untuk merenovasi unit bisnis lain yang ada di Jakarta Tourisindo. Namun karena perbaikannya menyangkut Asian Games yang membutuhkan dana lebih besar, DPRD meminta angka pengajuan PMD-nya dinaikan menjadi diatas Rp.50 Miliar.

“Kami sangat berterimakasih atas persetujuan dari DPRD. Sesuai arahan dari DPRD dananya sebagian besar akan kita gunakan untuk perbaikan prasarana Hotel Grand Cempaka dan unit bisnis Jaktour yang lain. Namun kami akan atur sebisa mungkin ada sisa untuk dukung operasional. Jadi nggak akan kita habiskan semuanya,” cetusnya.

Harus Rubah Image

Wakil Ketua DPRD DKI Ferrial Sofyan sebelumnya mengatakan, citra Hotel Grand Cempaka harus diperbaiki. DPRD DKI Jakarta menyetujui adanya dana untuk renovasi Hotel Grand Cempaka tersebut dalam APBD perubahan 2017. Apalagi, hotel itu akan disiapkan untuk Asian Games.

“Kalau emang kita rasa perlu, kita harus kasih di anggaran perubahan, harus sekarang. Ini kan perencanaan ketuk palu (APBD perubahan) akhir bulan ini, minggu ini. Artinya, Oktober udah bisa keluar (dana), udah bisa lelang dan bisa jalan,” kata Ferrial.

Ferrial berpesan kepada PT Jakarta Tourisindo untuk memperbaiki hotel tersebut dengan baik sehingga berpotensi dijadikan wisma atlet oleh Komite Asian Games.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Prabowo Soenirman menyatakan hal serupa. Akan halnya Ferial, Ia menyebut kondisi hotel bintang empat itu memprihatinkan.

“Memang terus terang saya juga sedih melihat keadaan yang ada. Bagaimana pun image-nya harus berubah secara total,” kata Prabowo. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close