BUMD

Sambut Libur Lebaran 1439 H, Ancol Siapkan Aneka Acara Hiburan Berkualitas  

Jajaran direksi PT Pembangunan Jaya Ancol memberikan pemaparan mengenai Ancol Lebaran Festival kepada sejumlah awak media. (Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Sebagai salah satu destinasi favorit di Jakarta, pada saat libur lebaran Taman Impian Jaya Ancol sudah menyiapkan banyak suguhan hiburan, permainan berhadiah hingga atraksi internasional yang seru dan pastinya akan memanjakan hari libur Anda.

Event yang bertajuk Ancol Lebaran Festival ini terdiri dari 6 acara hiburan yang menarik untuk didatangi, apa saja? Berikut daftarnya;

Pertama, akan diadakan Ancol Nusantara Festival yang akan diadakan di Pantai Lagoon Taman Impian Jaya Ancol mulai 13 Juni hingga 15 Juli 2018. Sesuai dengan namanya, kegiatan ini akan menyuguhkan berbagai penampilan kesenian mulai dari Aceh hingga Papua.

Ada lebih dari 30 gerai makanan yang menyajikan ragam kuliner dari seluruh Indonesia. Pengunjung juga dapat menikmati sajian musik di panggung terapung Pantai Lagoon setiap hari mulai pukul 14.00 WIB ataupun mengikuti permainan seru berhadiah Lebaran beach games yang akan dimulai pukul 10 pagi.

Khusus pada momen ulang tahun DKI Jakarta ke-491, akan ada parade spesial “Explore Ondel-Ondel dan tribute Benyamin Sueb”. Parade ini merupakan parade ondel-ondel kolosal yang pertama kali digelar di pinggir pantai, dengan gerakan khas ondel-ondel serta lantunan musik betawi akan semakin memeriahkan sepanjang jalur Pantai Ancol. Selain diarak secara massal, ada juga lomba joget dan sepak bola ondel-ondel. Diramaikan juga dengan adanya prosesi budaya betawi Palang Pintu, Pencak Silat dan Lenong Betawi. Tidak hanya penampilan budaya, musiknya pun diperkenalkan kepada seluruh pengunjung. Menggandeng seniman musik betawi, lagu-lagu hits aktor kawakan Betawi Benyamin Sueb akan dinyanyikan di panggung terapung (floating stage).

Selain itu, Taman Impian Jaya Ancol juga akan menampilkan artis-artis Ibu Kota dalam tajuk ‘Sunset Music Lagoon’ setiap Minggu.

Kedua, Pasar Seni Ancol akan disulap tampilannya menjadi kawasan Kampung Betawi. Mulai dari suasana, dekorasi serta seluruh konten yang dihadirkan semuanya akan berhubungan dengan budaya Betawi. Pengunjung pun akan diajak mengenali seluruh unsur budaya Betawi, baik mengenao sejarah, kuliner, kesenian sampai hasil karya khas Jakarta.

Ancol Kampung Betawi Festival 2018 ini akan berlangsung mulai 15 Juni sampai 31 Agustus 2018. Para Pengunjung juga dapat melihat wall of fame Betawi yang menampilkan gambaran sejarah kebudayaan betawi sejak jaman Batavia hingga saat ini dengan menggandeng seniman, budayawan, serta UKM Betawi yang tergabung dalam program OK OCE.

Dan pada setiap akhir pekan, Pasar Seni akan dimeriahkan oleh penampilan dari seniman-seniman betawi seperti gambang kromong, lawakan dan lenong betawi, keroncong betawi, marawis dan juga ada penampilan spesial dari seniman komedi betawi ternama.

Tak lupa, beragam kuliner yang khas seperti dodol Betawi, kerak telor, laksa, bir pletok dan banyak lagi dapat dinikmati disini sambil menikmati alunan musik dan lenong khas Betawi.

Ketiga, pertunjukan spesial “Dragon Ball Z-The Real International Show” akan menyapa seluruh pengunjung setia Dufan. Atraksi yang didatangkan langsung dari Jepang ini dapat disaksikan mulai 15 Juni sampai 31 Juli 2018 di area indoor Dufan setiap hari.

Selain itu Dufan juga akan menampilkan acara Football Game Zone yang akan berlangsung mulai 24 Juni sampai 15 Juli 2018 di area Panggung Time Adventures.

Pertunjukan dalam rangka memeriahkan ajang Piala Dunia 2018 ini akan menampilkan aneka permainan sepak bola dan dimeriahkan dengan atraksi freestyle dari pemain lokal dan internasional.

Keempat, pengunjung Atlantis Water Adventure pada pekan libur Lebaran ini dapat langsung menikmati dua wahana barunya, Skybox dan Dragon Race.

Tidak hanya itu, suka ria diwahana permainan air ini juga diisi dengan beragam aktivitas seru seperti water fun games dan atlantis water yoga. Selain itu, pengunjung juga dapat memiliki kesempatan mengikuti undian berhadiah utama dua unit sepeda motor.

Caranya cukup mudah, hanya dengan membeli annual pass Atlantis seharga Rp 260.000,- lalu isi data diri pada kupon undian dan masukkan ke dalam kotak undian. Periode pengumpulan kupon ini berlansung sejak 1 Juni sampai 31 Juli 2018.

Kelima, pada pekan libur Lebaran, Ocean Dream Samudera dimeriahkan dengan pertunjukkan spesial yaitu Magic Show yang akan menampilkan pesulap ternama Deni Darco mulai 16 Juni sampai 15 Juli 2018. Selain itu akan ada pula games interaktif yang digelar di Rumah Pintar.

Terakhir, pengunjung Seaworld akan disapa oleh Sharky si hiu dan Ray si ikan pari yang merupakan karakter baru Seaworld Ancol. Dua karakter baru ini akan mengajak pengunjung berjoget bersama serta diabadikan dalam foto. Lalu ada penampilan penyelam di akuarium utama yang akan menghadirkan penampilan khusus dan unik.

Tidak hanya itu, sekaligus menyambut Piala Dunia 2018, Seaworld Ancol juga menggelar beberapa atraksi spesial seperti World Cup Aquarium, Divers World Cup Player, Match Prediction dan Under Water Juggling Ball.

“Kami sih targetnya untuk edisi libur lebaran ini naiknya sekitar 12% dari jumlah pengunjung tahun lalu, dan optimis bisa mencapai itu,” ungkap Sunarto P. Wijaya, GM PT Pembangunan Jaya Ancol, di Hall Candi Bentar, Hotel Putri Duyung, Ancol, Jakarta, Rabu (6/5).

Untuk diketahui, pada 2017 jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol sebanyak 1.036.053 orang.

Siapkan Sistem Keamanan Yang Kuat

Selain itu, dalam upaya mendukung kenyamanan rekreasi pengunjung, Manajemen Ancol akan menerapkan sistem parkir terpusat atau sentral parkir selama tiga hari mulai tanggal 16 sampai 18 Juni 2018.

Setiap pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua atau lebih akan langsung diarahkan untuk mengisi kantong parkir yang tersedia. Tidak perlu khawatir karena kantong parker Ancol mampu menampung sekitar 12 ribu mobil dan 17 ribu motor.

“Ancol memiliki kapasitas parkir yang cukup menampung hingga 12.000 mobil dan 17.000 motor yang tersebar mulai dari Pantai Carnaval (area timur Ancol) hingga Dunia Fantasi (area barat Ancol).” Karena Sunarto.

Oleh karena itu, selama 3 hari tersebut Ancol akan menyiapkan 120 bus wara wiri yang dilengkapi dengan tour guide dan akan beroperasi mulai pukul 5 pagi (16/5) sampai 12 malam (18/5) sebagai transportasi utama dalam area ancol untuk seluruh pengunjung.

Selain itu, terdapat pula 4 rangkaian kereta wisata sato-sato sebagai penunjang transportasi.

Manajemen Ancol juga sudah menyiapkan tambahan sarana dan prasarana untuk rekreasi yang lebih nyaman seperti toilet, musholla, ambulance dan pos pengamanan.

Begitu pula dengan tambahan personil keamanan, tenaga kebersihan, petugas lifeguard dan juga petugas DLLAJ agar dapat lebih memberikan rasa aman karena setiap hari akan ada sekitar 337 petugas keamanan didukung dengan petugas lifeguard 37 personil serta petugas P3K sebanyak 50 orang dan 97 orang tourguide.

“Seluruh rangkaian persiapan ini kami optimalkan melalui hasil evaluasi tahun-tahun sebelumnya untuk menyambut pengunjung yang akan rekreasi di libur lebaran ini”, tukas Sunarto.

Sumber: Bisnis.com

Tags

Artikel Terkait

Close