BUMDKORPORAT

Sinergi Tiga BUMD Ini, Bisa Bantu Kendalikan Inflasi DKI

Sumber : Alif
Sumber : Alif

Jakarta Review – Langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjaga inflasi dengan memberdayakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dimilikinya adalah kebijakan yang tepat. Apalagi Jakarta punya 3 BUMD yang bergerak di bidang pangan yakni PT Food Station Tjipinang, PD Dharma Jaya dan PD Pasar Jaya.

Ketiga BUMD tersebut harus dihidupkan, karena kalau mereka bisa berfungsi dengan baik dan bersinergi satu sama lain akan mampu menekan laju inflasi, ujar Doni P Joewono Kepala Kantor Perwakilan BI Jakarta kepada Jakarta Review.

Menurutnya, sebagai daerah konsumen penting bagi Jakarta menjamin ketersediaan pasokan agar tidak bermasalah. Dalam konteks itu, langkah Pemprov DKI Jakarta mendorong ketiga BUMD tersebut untuk bekerjasama dengan daerah produsen yang surplus adalah langkah yang tepat. Misalnya kerjasama yang dilakukan oleh PD Dharma Jaya mewakili Pemprov DKI dengan Pemerintah Kabupaten Kupang dalam peternakan sapi.

“Kerjasama ini akan menghidupkan perdagangan antar daerah di Indonesia jadi sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak,” tuturnya.

Doni menambahkan bagi DKI kerjasama ini akan menjamin pasokan dagingnya, sementara untuk Pemkab Kupang kerjasama ini sangat membantu kemajuan industri peternakan sapi dan menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi.

Kalau pola yang dilakukan Pemprov DKI dengan mendorong BUMD Pangannnya berhasil, tahun depan akan saya presentasikan di pertemuan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) nasional, karena ini bisa jadi role model yang baik bagi daerah lainnya di Indonesia,serunya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close