BIROKRASIMEGAPOLITAN

50 Ribu Pengunjung Ditargetkan Hadiri Lebaran Betawi di Setu Babakan

Ketua Umum Bamus Betawi Bang Oding dan Sekda DKI Jakarta Saefullah di acara konferensi pers Lebaran Betawi 2017. (istimewa)

Jakarta Review – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tahun ini menggelar perhelatan  Lebaran Betawi di  di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan. Sebagai bagian dari upaya promosi, dimulai tahun ini, kedepan Lebaran Betawi akan selalu digelar di Setu Babakan.

Ketua Bamus Betawi Zainudin menargetkan selama tiga hari penyelenggaraan Lebaran Betawi tahun ini bisa mendatangkan 50 ribu pengunjung.

“Selama tiga hari pelaksanaan Lebaran Betawi, kita targetkan pengunjung mencapai 50 ribu,” ujar Zainudin.

Untuk mencapai target tersebut pihaknya akan menggelar berbagai hiburan dan kesenian budaya Betawi, mulai dari tradisi, camilan khas, tarian Betawi, dan berbagai macam perlombaan. Tak lupa delapan ikon Betawi juga akan ditampilkan, yakni ondel-ondel, ornamen kembang kelapa, baju sadariah, kebaya kerancang, kerak telor, ornamen gigi balang, bir pletok, dan batik betawi.

Selain itu, Bamus juga bekerjasama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk memudahkan akses pengunjung menuju Setu Babakan dan menghias Perkampungan Budaya Betawi (PBB) tersebut.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah menuturkan, saat ini Setu Babakan dinilai masih kurang luas, karena itu pihaknya akan mengupayakan membeli tanah warga untuk memperluas kawasan Setu Babakan.

“Jadi kalau ada warga yang ingin melepas tanahnya di sekitar situ, ke depan akan kami alokasikan terus (anggaran untuk pembebasan tanah),” ujarnya.

Pemprov DKI Jakarta lanjutnya juga akan membuka akses yang lebih luas menuju Setu Babakan seiring dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang ke sana.

Saat ini, akses transportasi umum yang menuju Setu Babakan baru bisa menggunakan angkutan umum kecil.

“Nanti kalau makin banyak, akan kami evaluasi, akan ada angkutan umum yang lebih besar yang lewatin Setu Babakan,” tandas Saefullah. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close