BIROKRASIMEGAPOLITAN

Ada Ornamen Betawi di Pembukaan Festival Jakarta Great Sale 2017

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah saat memberikan sambutan di acara pembukaan Festival Jakarta Greate Sale 2017 di Emporium Mal Pluit, 2/6/2017. (Sigit Artpro)

Jakarta Review – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah memberi atensi khusus kepada panitia acara pembukaan Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2017 di Mall Emporium Pluit, Jakarta Utara Jum’at 2/6 lalu.

Menurutnya panitia sudah menampilkan ornamen budaya betawi secara baik dan modern.

“Saya apresiasi dengan apa yang terjadi diruangan ini. Disisi kanan dan kiri panggung  ada ondel-ondel betawi. Biasanya bentuk ondel-ondelnya ala kadarnya, tapi kini tampil dalam bentuk yang lebih modern tetapi tidak meninggalkan ciri khas ondel-ondelnya,” ujar Saefullah saat memberikan sambutan.

Saefullah menuturkan apapun bentuk kegiatannya, sudah sepatutnya menampilkan ciri khas Jakarta. Karena itu dirinya meminta agar ornamen Betawi terus dipamerkan selama berlangsungnya Festival Jakarta Great Sale 2017.

“Ornamen-ornamen Betawi itu kan ada banyak, misalnya ondel-ondel, gigi balang dan kembang kelapa. Saya apresiasi kegiatan FJGS. Semoga atribut-atribut Betawi terus ditampilkan dalam kegiatan FJGS bahkan sampai pelaksanaan FJGS selanjutnya,” jelas Saefullah.

Nilai-nilai budaya Betawi lanjut Saefullah harus selalu dijunjung tinggi oleh seluruh warga Jakarta. Salah satu cara menjunjung tinggi nilai budaya Betawi dengan memamerkan beragam ornamen khas Betawi dalam setiap kegiatan, termasuk FJGS. Ini sesuai dengan semangat Perda No 4 tahun 2015 tentang pelestarian budaya betawi dan Pergub No 229 tentang ikon budaya betawi yang baru saja disahkan oleh Gubernur bersama-sama dengan DPRD DKI Jakarta.

“Di Australia saja hingga kini ciri khas kebudayaan aborigin tetap ditampilkan dalam acara resmi kenegaraan dan tempat-tempat resmi. Jadi jangan ragu menampilkan ciri khas keaslian Jakarta,” tandasnya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close