MEGAPOLITANSekitar Jakarta

Adhi Karya Bakal Garap Bisnis Penjernihan Air

Jajaran direksi hadir lengkap saat pelaksanaan Public Expose PT Adhi Karya Tbk 24/11/2016. (Sigit Artpro)
Jajaran direksi hadir lengkap saat pelaksanaan Public Expose PT Adhi Karya Tbk 24/11/2016. (Sigit Artpro)

Jakarta Review – PT Adhi Karya Tbk (ADHI) bakal ekspansi proyek penjernihan air bersih tahun depan. Perseroan tengah mencari mitra untuk proyek yang membutuhkan ekuitas awal sebesar Rp 4 triliun tersebut.

“Kami masuk ke investasi untuk membangun instalasi penjernihan air. Air yang sudah dijernihkan nantinya akan dijual kepada PDAM setempat untuk kemudian disalurkan kepada pelanggan,” kata Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto di sela acara Public Expose PT Adhi Karya 24/11 lalu.

Menurutnya perseroan tertarik memasuki bisnis penjernihan air karena tidak banyak perusahaan yang masuk pada industri tersebut. Nantinya bakal terdapat beberapa lokasi penjernihan air, di antaranya adalah wilayah DKI Jakarta dan Tangerang Selatan.

“Ekuitas sekitar Rp 4 triliun, nanti kami mungkin akan ada pinjaman,” ujarnya

Untuk tahap awal, perseroan bakal menyiapkan dana sebesar Rp 2 triliun untuk belanja modal (capital expenditure/ capex) tahun depan. Perseroan akan mengalokasikan sebagian besar capex untuk proyek pengembangan penjernihan air.

Sekedar informasi saat ini pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang membangun sebuah bengungan di Provinsi Banten. Bendungan ini diprediksi mampu menghasilkan 14 kubik per detik. Nantinya 4 kubik akan disalurkan untuk kebutuhan Benten, 7 kubik untuk kebutuhan Tanggerang dan 3 kubik lagi untuk kebutuhan Jakarta. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close