BIROKRASIMEGAPOLITAN

Ahok : Ramadhan Pedagang Tetap Tak Boleh Turun ke Jalan

foto : news.detik.com
foto : news.detik.com

Jakarta Review – Datangnya Bulan Ramadhan kerap dijadikan alasan bagi para pedagang untuk turun ke jalan. Hal tersebut dilakukan untuk memanfaatkan celah malasnya para pembeli naik turun gedung pusat perbelanjaan.

Fakta tersebut merisaukan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Karena itu dirinya menegaskan tidak ada pengecualian bagi pedagang turun ke Jalan, meski pun permintaan konsumen menjelang hari raya lebaran melonjak tajam.

Sebagai pemerintah, dijelasan Ahok, sudah sepatutnya memaksa agar pembeli naik ke gedung perbelanjaan. Sebab selama ini pedagang sering memanfaatkan celah malasnya para pembeli naik turun gedung pusat perbelanjaan, dengan membuka lapak seenaknya dipinggir jalan, seperti yang kerap terjadi di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Jadi kita akan paksa orang untuk naik ke toko. Pedagang kamu enggak boleh turun kalau enggak mau rugi. Karena, kalau kedapatan kita sita barang dagangan kamu jika terus maksa dagang di jalan,” tegasnya ujarnya di Balai Kota Jakarta, Senin (15/6/2015).

Instruksi Gubernur ini berlaku untuk semua pasar di Jakarta, di mana seperti biasanya para pedagang kerap turun ke jalan ketika bulan suci Ramadhan.

“Siapapun yang minta dispensasi jangan dikasih. Jangan mentang-mentang mau lebaran jadi alasan. Justru memang saat puasa, mau lebaran orang terpaksa mau beli di mana aja,” tandasnya. (oki)

Tags

Artikel Terkait

Close