MEGAPOLITANSekitar Jakarta

Ahok Sediakan Rusunami Untuk PNS DKI

foto : megapolitan.kompas.com
foto : megapolitan.kompas.com

Jakarta Review – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berencana membangun rumah susun sederhana milik (rusunami) untuk pegawai negeri sipil (PNS) DKI Jakarta. Rusunami rencananya akan dibangun di daerah Ciangir, Tanggerang, dan Kemayoran, Jakarta Pusat di atas lahan seluas 100 hektare. Pemprov DKI masih memiliki opsi wilayah di Jakarta Utara yakni Cakung dan Cilincing.

Pembuatan rusunami untuk PNS, menurut Ahok dilakukan karena dianggap tidak mampu membeli rumah. PNS pun dapat mencicil pelunasan unit rusunami secara berkala.

“Rumah untuk mereka terlalu mahal. Kalau yang jujur, gajinya pas-pasan Rp7 juta. Walaupun gaji besar juga nggak bisa beli rumah mewah di Jakarta. Satu tanah di DKI harganya Rp30 juta lebih gimana mau beli rumah,” ujar Ahok.

“Tahun ini mulai ground breaking di Kemayoran. Kalo yang Ciangir kami bangun tahun depan, kami juga punya Cakung dan Cilincing,” terangnya lagi.

Pembangunannya akan diselenggarakan atas kerjasama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Bank Tabungan Negara (BTN) dalam bentuk pinjaman sebesar Rp10 triliun.

Dana pinjaman dari BTN merupakan penyertaan modal pemerintah (PMP) DKI Jakarta kepada PT. Jakarta Propertindo (Jakpro). “BTN itu bisa sediakan Rp10 triliun buat pinjemin bangun rusunami. Saya akan temukan langsung BTN dengan PT Jakpro,” ujar Ahok kepada wartawan. (Tika)

 

Tags

Artikel Terkait

Close