MEGAPOLITANSekitar Jakarta

Ahok : Tidak Ada Masalah Dengan Spesifikasi Bus Scania

foto : indopos.co.id
foto : indopos.co.id

Jakarta Review – Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Antonius NS Kosasih telah meminta penjelasan kepada PT United Tractors selaku APM bus Scania dan meminta keterangan dari Karoseri Laksana yang mengurus perizinan terkait berdasarkan pelat KIR bus Scania yang hanya bisa menampung 39 penumpang.

Penumpang yang bisa angkut hanya bisa sekurang-kurangnya 111 orang dengan estimasi satu orang memiliki berat badan 60 kilogram. Tak hanya itu jumlah penumpang yang tertulis hanya 39 penumpang.

“Di kertas KIR tertulis bahwa berat kosong kendaraan adalah 19,3 ton sementara Gross Vehicle Weight atau GVW yang mencerminkan berat bus dalam keadaan penuh penumpang adalah 26 ton,” ujar Kosasih.

Kosasih berjanji akan mengurus hal ini hingga selesai. Dirinya meyakini bahwa Scania sendiri secara teknis memenuhi syarat untuk mengangkut penumpang sebanyak 111 penumpang. “Kami akan perjelas agar tidak menjadi pertanyaan masyarakat,” tukas Kosasih.

Ditempat yang berbeda, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, tidak ada masalah dengan spesifikasi bus gandeng asal Swedia, Scania, yang telah dibeli oleh PT Transjakarta.

Menurut dia, permasalahan stiker uji kir yang tertempel pada badan bus Scania merupakan kesalahan Unit Pengelola (UP) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta. (Tika)

Tags

Artikel Terkait

Close