MEGAPOLITAN

Anies Minta Dekranasda DKI Tidak Hanya Fokus Kerajinan Tersier

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Semiloka Dekranasda DKI Jakarta di Candi Bentar Putri Duyung Ancol, Jakarta Utara, Sabtu 22 September 2018. (Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Semiloka Dekranasda DKI Jakarta di Candi Bentar Putri Duyung Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (22/9/2018).

Anies Baswedan meminta agar Dekranasda DKI Jakarta tidak hanya fokus kerajinan tersier.

“Dekranasda, saya harap bukan hanya memfokuskan kerajinan-kerajinan yang sifatnya tersier seperti hiasan, tapi juga yang primer untuk pembangunan,” kata Anies Baswedan.

Menurut Anies, selama ini banyak pihak tidak pernah membayangkan hasil sebuah kerajinan bisa dimanfaatkan untuk pembangunan.

Alhasil peran perajin dalam pembangunan menjadi terlupakan.

“Sering kali kita tidak membayangkan, ini bisa dibuat perajin atau pabrikan yah? Bila Dekranasda bisa membantu menumbuhkan itu (kerajinan bersifat primer), maka akan punya dampak yang sangat besar,” katanya.

Anies mengakui belakangan ini banyak produk yang digunakan masyarakat merupakan hasil pabrikan.

Padahal sebenarnya para perajin juga bisa membuat hasil yang tidak kalah dengan pabrikan.

“Tidak ada yang salah dengan pabrikan, tapi bila kita secara sengaja menyiapkan kebijakan-kebijakan untuk menyerap hasil-hasil karya perajin, maka itu punya manfaat yang luar biasa,” kata Anies.

Sumber: Wartakota

Tags
Close