MEGAPOLITAN

Atasi Macet, DKI Jajaki Percepatan Pembangunan Lintasan Kereta Layang

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tampak sedang memberikan keterangan kepada awak media. (Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan akan mendorong percepatan pembangunan infrastruktur Elevated Loopline atau jalur lingkar layang untuk lintasan kereta api.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan proyek jalur lingkar kereta layang itu dapat menjadi solusi kemacetan yang terjadi di Ibu Kota. Selama ini, pembangunan flyover atau underpass tak mengurangi masalah klasik (kemacetan) itu.

“Jadi lebih baik kita angkat lintasan keretanya menjadi elevated sehingga itu juga menimbulkan integrasi yang lebih baik dan ada konsep TOD (Transit Oriented Development) yang lebih berdampak pada pengurangan kemacetan dan lebih berdampak pada penciptaan lapangan pekerjaan,” kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta, Senin (8/1).

Ia menambahkan pembangunan Elevated Loopline sangat krusial untuk dilaksanakan. Pasalnya, bila infrastruktur tersebut dibangun maka akan menekan tingkat kemacetan.

“Jadi kita ingin mempercepat bersama dengan PT KAI karena berkasnya sudah diterbitkan. Jadi Pemprov bersama PT KAI akan ambil inisiatif untuk pastikan, karena banyak sekali persimpangan yang akibatkan kemacetan,” kata Sandiaga.

Dia berharap pembangunan Elevated Loopline dapat mulai dikerjakan tahun ini. Saat ini, ujar Sandi, Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan memulai kajian pembangunan proyek tersebut.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa mulai diinisiatifkan. Kebetulan BPTJ sudah akan memulai kajian detail engineering design atau DED-nya. Jadi kami mendorong agar PT KAI dan Pemerintah Provinsi sama-sama mulai mendorong,” terangnya.

Sumber: BeritaSatu.com

 

Tags

Artikel Terkait

Close