BIROKRASIMEGAPOLITAN

Bangun Bank Sampah untuk Mengolah Ranting Pohon

Lurah Bendungan Hilir Gatra Pratama Putra. (Sigit Artpro)

Jakarta Review – Edukasi tentang pentingnya keberadaan bank sampah di tiap rukun warga (RW) yang ada di Jakarta sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya keberadaan bank sampah warga menjadi terbiasa memilah sampah.

Lurah Bendungan Hilir Gatra Pratama Putra mengatakan di wilayahnya saat ini sudah memiliki 2 bank sampah. Pertama di Komplek Pengairan RW 06 yang merupakan salah satu titik penilaian Adipura di Jakarta Pusat dan yang kedua di SMP Negeri 40.

Gatra menjelaskan tahun ini rencananya Kelurahan Benhil akan membuat satu unit bank sampah lagi di daerah Danau Dampelas.

“Keberadaan bank sampah efektif sekali karena mobilisasi PPSU saya tinggi. Karena itu  saya butuh bank sampah besar sekali untuk menampung ranting dahan dan pohon. Kan sayang kalau dibuang begitu saja dan nggak diolah jadi kompos. Jadi saya mau eksperimen sedikit,” ujarnya.

Kalau semuanya lancar bank sampah seluas 100 meter tersebut akan selesai sebelum lebaran. Dananya diupayakan dari CSR perusahaan dan swadaya masyarakat.

Gatra menambahkan dirinya nggak mau ngoyo untuk membangun banyak bank sampah.

“Kita coba dulu tambah satu bank sampah lagi tahun ini, kedepan kalau semuanya lancar tentu akan kita bangun lagi di wilayah lainnya,” pungkasnya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close