BIROKRASI

DKI Buka e-Registrasi Uji Emisi Gratis di Kemayoran

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar uji emisi gratis untuk kendaraan roda empat di Jalan Benyamin Suaeb, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Minggu (17/12) mendatang. (istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar uji emisi gratis untuk kendaraan roda empat di Jalan Benyamin Suaeb, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Minggu (17/12) mendatang.

“Pemilik kendaraan yang berminat dapat melakukan registrasi secara online,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji dalam keterangan resminya yang diterima Jakarta Review, 3 Desember 2017.
Adji melanjutkan, kegiatan uji emisi secara kolosal ini merupakan rangkaian persiapan menghadapi Asian Games 2018. “Kami berharap uji emisi dapat mendorong peningkatan kualitas udara Ibukota pada saat Asian Games 2018 berlangsung,” kata Adji.
Menurut Adji, Asian Games 2018 yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia di Kota Jakarta dan Palembang tidak hanya perhelatan olahraga, namun juga etalase Indonesia yang sesungguhnya.
“Jajaran Dinas Lingkungan Hidup siap mendukung kesuksesan helat bangsa tersebut, terutama terkait kualitas lingkungan dan kebersihan kota. Ini sebagaimana arahan Bapak Gubernur dan Wagub,” kata Adji.
Namun, Adji menegaskan, program perbaikan kualitas udara Jakarta bukan hanya dalam rangka Asian Games saja. “Asian Games hanya sasaran antaranya. Prinsipnya kami ingin mewujudkan Jakarta yang baik kualitas lingkungan hidupnya,” kata Adji.
Adji melanjutkan,  tanggungjawab mewujudkan kualitas udara yang baik bukan hanya tanggungjawab pemerintah semata, melainkan tanggungjawab bersama. “Produsen kendaraan, pemilik kendaraan, komunitas peduli lingkungan dan masyarakat semuanya punya peran masing-masing untuk mewujudkan kualitas udara yang baik di Jakarta,” kata Adji.
Registrasi Online
Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Andono Warih menjelaskan, kegiatan uji emisi digelar tanpa dipungut biaya alias gratis.
Pemilik kendaraan yang berminat sudah dapat melakukan registrasi online melalui : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSc528R8IkHh9WaE1uwpVIJ4gfrm9Fg8qvLsryxQPQSCfvukIQ/viewform.
“Kendaraan yang mengisi registrasi online akan kami prioritaskan. Total kami menargetkan menguji 2.500 kendaraan roda empat,” ujarnya, Minggu (3/12).
Uji emisi akan dilaksanakan di sekitaran putaran Patung Ondel-ondel hingga putaran Masjid Raya, Jl Benyamin Suaeb. Rencananya, kegiatan akan dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB sampai 15.00 WIB.
Ke depan, uji emisi kendaraan bermotor diharapkan juga menjadi sebuah gerakan bersama masyarakat untuk mengurangi pencemaran udara di Jakarta.
“Warga Jakarta bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menguji emisi gas buang kendaraannya. Silakan registrasi online untuk memastikan kuota,” kata Andono.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah memantau kualitas udara perkotaan melalui Program Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) di 28 kota di Indonesia tahun 2016. Hasil EKUP sebagai bagian dari Program Langit Biru Tahun 2016, menunjukkan bahwa terdapat 3 (tiga) Kota Langit Biru terbaik untuk kategori kota metropolitan, yaitu kota Palembang, Semarang, dan Jakarta Timur.
Tags

Artikel Terkait

Close