BIROKRASI

DKI Raih Pendapatan Rp 324 Miliar dari Rekomendasi Hak Pengelolaan Lahan

Kepala Dinas DPM dan PTSP DKI Jakarta, Edy Junaedi . (alif)

Jakarta Review – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM dan PTSP) DKI Jakarta hingga kini berhasil memperoleh pendapatan dari penerbitan rekomendasi Hak Pengelolaan (HPL) Tanah Desa dan Tanah eks Kota Praja di Ibukota sebesar Rp324 miliar.

Kepala Dinas DPM dan PTSP DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan realisasi pendapatan tersebut tercapai melalui perhitungan besaran uang pemasukan dari 1.012 rekomendasi yang telah dikeluarkan.

“Selama periode Januari sampai Agustus 2017, realisasi pendapatan dari HPL sebesar Rp 324 miliar,” ujarnya, Rabu (27/9) seperti dikutip beritajakarta.

Perolehan pendapatan tersebut lanjutnya naik 109,44 persen dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 154,7 miliar.

Edy menambahkan pengenaan permohonan HPL ini mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 217 tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian Rekomendasi atas Permohonan sesuatu Hak di atas Bidang Tanah Hak Pengelolaan Tanah Eks Desa dan Tanah Eks kota Praja Milik/Dikuasai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Perolehan, perpanjangan atau pembaharuan hak atas tanah untuk HGB atau Hak Pakai atau Hak lainnya di atas tanah HPL, persentasenya dibedakan. Untuk kegiatan usaha sebesar lima persen dan untuk rumah tinggal 2,5 persen.

“Warga Jakarta kini tidak perlu ragu untuk mengurus rekomendasi terhadap permohonan HPL,” tandasnya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close