BIROKRASI

DKI Targetkan Pariwisata Setor 15 Persen Pendapatan Ibu Kota

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan keterangan pers kepada beberapa awak media di sela acara peresmiaan Jakarta Hotel School (JHS) di Aula Kota Administrasi Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat (2/3). (Dok Beritajakarta)

Jakarta Review, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menargetkan kontribusi perekonomian Ibu Kota di sektor pariwisata naik menjadi 15 persen dalam jangka lima tahun ke depan.

Sandi menjelaskan bahwa saat ini kontribusi sektor pariwisata terhadap perekonomian Jakarta baru mencapai 6,2 persen. Padahal potensi Jakarta menjadi destinasi pariwisata terbilang tinggi dengan keberadaan berbagai lokasi seperti Kota Tua, Kepulauan Seribu, Ancol, Dunia Fantasi, wisata halal, dan lain-lain.

Pemprov DKI juga menargetkan terciptanya tenaga kerja di sektor pariwisata mencapai sebanyak 2,4 juta orang dalam lima tahun ke depan. Untuk mengejar target tersebut Pemprov DKI mendorong terbentuknya Balai Pelatihan Industri Perhotelan.

“Kita menyandingkan sektor pendidikan balai pelatihan, dunia usaha, dan pendidikan kejuruan,” kata Sandi, Jumat (2/3/2018).

Balai dimaksud bertujuan sebagai inkubator dari Sekolah Menengah Kejuruan ataupun Sekolah Tinggi berjurusan pariwisata dalam mengembangkan keterampilannya. Adapun untuk menarik minat siswa beberapa pemangku kepentingan akan menyediakan beasiswa khusus untuk jurusan pariwisata.

Salah satunya, yakni pemberian beasiswa dari Yayasan Cahaya Bersama senilai Rp900 juta kepada 45 murid angkatan pertama Jakarta Hotel School (JHS). Murid tersebut nantinya akan diberikan pelatihan dan magang di mitra Pemprov DKI seperti PT Jakarta Tourisindo, PT Pembangunan Jaya Ancol, dan lain-lain.

Dia menambahkan bahwa lulusan pariwisata tersebut ke depannya akan langsung disalurkan kerja ke berbagai mitra Pemprov DKI. “Mencari kerja di DKI Jakarta susah, akan tetapi industri perhotelan kekurangan lapangan kerja karena tidak ada tenaga kerja yang terlatih,” ungkapnya.

Sumber: Bisnis.com

Tags

Artikel Terkait

Close