BIROKRASI

DKPKP Segera Luncurkan Aplikasi Pangan Bersubsidi

Darjamuni, Kadis Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (win/jakrev.com)

Jakarta Review, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta berencana meluncurkan aplikasi pangan bersubsidi dalam waktu dekat. Aplikasi tersebut akan menginformasikan harga, stok, keamanan, kerawanan hingga kegiatan subsidi pangan yang sedang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Jadi ini bagian dari rangkaian sistem informasi ketahanan pangan yang sedang kita bangun,” ujar Darjamuni, Kepala DKPKP DKI Jakarta, Minggu (24/6).

Ia memastikan, aplikasi yang dinamakan Sistem Informasi Pangan Bersubsidi (SIPB) tersebut telah selesai dibangun dan siap untuk diujicobakan pada Juli mendatang.

Adapun keunggulan aplikasi ini antara lain proses rekonsiliasi dan verifikasi data transaksi penjualan dapat dilakukan lebih cepat. Begitu pula dengan informasi tentang stok dan distribusi pangan sehingga akan mempermudah pemantauan stok atau ketersediaan pangan di lokasi distribusi.

Darjamuni berharap, aplikasi tersebut mampu mengurangi administrasi terkait dengan proses pencairan subsidi pangan serta mempercepat proses pencairan dana subsidi pangan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Aplikasi ini nantinya juga akan digunakan stakeholder yang terlibat kegiatan distribusi pangan bersubsidi seperti PD Dharma Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya, PD Pasar Jaya dan DKPKP.

“Setelah diuji coba kita menargetkan di bulan Juli aplikasi SIPB juga dapat langsung diluncurkan,” tandasnya.

Sumber: beritajakarta.id

Tags

Artikel Terkait

Close