BIROKRASI

Dukung Asian Games, Dinas Perpustakaan DKI Siapkan Reading Corner di 20 Titik Strategis

Desain Reading Corner yang disiapkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta. (Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Dalam rangka mendukung pelaksanaan Asian Games dan Asian Paragames tahun 2018 ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta berperan serta aktif sebagai instansi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bidang perpustakaan dalam program penyediaan pojok baca (reading corner) yang akan menjadi booth pustaka dan informasi bagi peserta dan masyarakat.

Jeje Nurjaman Kabid Deposit Pengembangan Koleksi Layanan dan Pelestarian, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI mengatakan reading corner tersebut akan ditempatkan di 20 titik layanan antara lain, 9 titik di Wisma Atlit Kemayoran, 3 titik di venue Jiexpo Kemayoran, 1 titik di venue Gelora Bung Karno (GBK), 1 titik di venue Pacuan Kuda Pulomas, 1 titik di venue Vellodrome Rawamangun dan 5 titik di Hotel / penginapan (seperti: Hotel Fairmont, Hotel Century, Hotel Mulia, Holten Sultan, dan Hotel Best Western Plus).

“Sesuai keinginan Gubernur, disemua venue strategis terutama ditempat atlet menginap kami siapkan reading corner tersebut,” ujar Jeje, Kamis,

Kehadiran reading corner tersebut lanjut Jeje juga ditujukan untuk informasi, promosi dan mengenalkan budaya Indonesia kepada tamu mancanegera tersebut. Tentunya dengan desain khusus, ini agar mereka dapat membaca dalam suasana yang menyenangkan.

“Desain untuk reading cornernya kami buat secara khusus agar nyaman dan menyenangkan,” tutur Jeje.

Ia menambahkan dalam booth atau stand pojok baca tersebut juga akan disediakan koleksi pustaka dan informasi dengan tema-tema menarik seperti Olah raga (sport), Pariwisata dan budaya (tourism), Sejarah tentang Asian Games, Sejarah tentang Kota Jakarta, Leaflet / booklet, Peta (map) Jakarta dan Penayangan iniformasi visual melalui videotrone. Semuanya dikemas dalam versi bilingual atau 2 bahasa (Indonesia-Inggris).

Untuk merealisasikan kehadiran reading corner tersebut, Dinas Perpustakaan DKI kini dalam proses persiapan. Antara lain penyiapan dokumen pengadaan yang dikoordinasikan dengan pihak BPPBJ Provinsi DKI Jakarta, penyiapan administrasi dan teknis untuk akreditasi stand guide yang terdiri dari abang-none buku DKI Jakarta, penjadwalan/timeline aktivitas, dan koordinasi yang intensif dengan pihak INASGOC untuk informasi-informasi terkini. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close