BIROKRASI

Ini Kegiatan Perayaan Tahun Baru yang Digelar Pemprov DKI

Pesta Kembang Api di Monas sebagai lokasi pusat perayaan malam pergantian tahun baru yang digelar oleh Pemprov DKI Jakarta. (istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Seperti tahun sebelumnya, perayaan pergantian tahun baru tidak akan digelar car free night di Jalan Sudirman hingga Jalan Thamrin, melainkan, pusat acara perayaan pergantian tahun akan dipusatkan di Monas dan Ancol.

Pesta rakyat pada malam Tahun Baru akan digelar tingkat provinsi dan wilayah Kota Jakarta Pusat, di Jalan Thamrin hingga Monas.

Untuk di Jakarta Utara, pesta rakyat akan digelar di Taman BMW. Kemudian di Jakarta Selatan akan digelar di Setu Babakan; Jakarta Barat digelar di kantor Wali Kota Jakarta Barat dan di Jakarta Timur akan digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sedangkan pesta rakyat di Kabupaten Kepulauan Seribu akan digelar di Pulau Karya.

Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno mengatakan untuk pesta rakyat pada malam pergantian tahun, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan menggelar beberapa kegiatan. Secara umum, kegiatan pesta rakyat tersebut akan dipusatkan di Monas dan Ancol.

“Kegiatannya bervariasi, mulai dari parade kuliner se-Indonesia. Kemudian pagelaran musik, termasuk konser dan kembang api. Pokoknya ada macam-macam atraksi,” kata Sandiaga di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (29/12).

Salah satu puncak acara dalam pesta rakyat itu, Pemprov DKI akan menggelar pernikahan massal bagi 540 pasangan dari seluruh wilayah DKI Jakarta. Warga yang berhak ikut program ini merupakan dari kalangan keluarga yang kemampuan ekonominya terbatas.

“Dan kita memfasilitasi pernikahannya, perayaannya biar dirayakan se-Jakarta. Dan ini nanti kita akan selenggarakan sama-sama di Monas. Jadi di Monas pada malam tahun baru sekaligus juga malam pernikahan bagi mereka semua,” ujarnya.

Sandiaga mengharapkan perayaan tahun baru di Monas, Ancol dan seluruh wilayah DKI Jakarta berjalan lancar dan aman. “Warga Jakarta bisa mulai tahun baru dengan semangat baru untuk berkarya,” ungkapnya.

Asisten Sekretaris Daerah DKI bidang Pemerintahan dan Administrasi, Bambang Sugiyono mengatakan untuk pesta rakyat akan digelar di masing-masing wilayah.

“Kalau pesta rakyat di Jakarta Pusat akan digabung dengan provinsi DKI. Acara yang akan digelar untuk menyambut pergantian tahun, adalah hiburan kesenian. Itu ada di setiap wilayah itu saja,” kata Bambang.

Sementara kalau di tingkat provinsi dan Jakarta Pusat, akan digelar pernikahan massal yang akan diikuti oleh 524 orang. Juga akan ada pesta kuliner yang menyajikan makanan khas dari 34 provinsi di Indonesia.

“Kalau festival kuliner tidak ada di wilayah. Hanya ada panggung hiburannya saja ada. Kalau di Jalan Thamrin akan ada festival kuliner dari 34 provinsi, makanan khas provinsi masing-masing. Kemudian ada bazaar juga. Jadi di jalan Thamrin ada kuliner dan bazaar,” terangnya.

Khusus untuk pernikahan massal, lanjutnya, akan diberikan makan gratis untuk peserta nikah massal. Tidak hanya itu, rencananya, untuk akad nikah akan diberikan mahar seperangkat alat salat dan Alquran yang akan disediakan oleh BAZIS.

Sementara itu, Sekretariat Daerah (Sekda) DKI, Saefullah mengatakan persiapan pesta rakyat pergantian malam tahun baru sudah hampir 100 persen. Acara pesta rakyat yang akan digelar pada Minggu (31/12) akan dilakukan secara maraton.

“Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur beserta jajaran Pemprov DKI akan berkumpul di Balai Kota pada tanggal 31 Desember malam. Dari situ kita bergerak ke panggung utama di Bundaran Hotel Indonesia (HI). Panggung ini kolaborasi antara BUMD DKI dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI,” kata Saefullah.

Setelah itu, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan menuju Jalan Thamrin, tepatnya di sebelah Hotel Sari Pan Pacific untuk meresmikan program pernikahan massal yang diiringi dengan hiburan untuk merayakan pernikahan 540 pasangan tersebut.

“Selesai akad nikah di situ, Pak Gubernur dan Pak Wagub akan meninjau kuliner dari 34 provinsi. Macam-macam tentunya. Kemudian dari situ, beliau menyeberang ke sebelahnya yaitu itu bazaar nonkulinernya di UMKM, bisa ada pengrajin, segala macamlah nanti. Kemudian ada beberapa ada yang kerja sama dengan Indonesia,” ujarnya.

Selanjutnya, Anies dan Sandiaga akan berbagi tugas. Bila Anies akan menghadiri perayaan pergantian tahun di Monas, maka Sandiaga akan menghadiri perayaan tahun baru di Ancol.

Untuk di Monas, nanti Anies akan tiba sekitar pukul 23.30 WIB langsung disambut dengan palang pintu tradisional dari Betawi. Kemudian mengikuti acara yang sudah disusun oleh salah satu stasiun televisi swasta sampai pukul 00.00 wib.

“Nanti acara tahun baru di Monas akan berakhir pada pukul 00.30. Dengan artis, Bang Haji Rhoma Irama, kemudian artis-artis dari akademia dangdut,” ungkapnya.

Harapan yang sama juga disampaikan Saefulah. Yaitu seluruh kegiatan acara tahun baru yang digelar di Pemprov DKI akan berjalan dengan baik.

Ditempat terpisah, Kepala Satpol PP DKI, Yani Wahyu Purwoko mengatakan untuk mengamankan jalannya acara tahun baru, pihaknya telah menyiapkan 1.000 personel untuk menjaga keamanan Kota Jakarta.

“Kami juga telah menyiapkan rancangan kegiatan pengamanan perayaan tahun baru. Diantarnya, tempat keramaian dan wisata akan menjadi fokus pengamanan,” kata Yani.

Seperti Taman Mini Indonesia Indah, Taman Margasatwa Ragunan, Monas, Ancol dan Kota Tua akan menjadi fokus pengamanan Satpol PP. “Tentu akan menempel dengan tim dari Polda Metro Jaya,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Andri Yansyah akan mengusulkan kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman pada tanggal 31 Desember 2017 ditiadakan. “Kami tinggal menunggu keputusan Gubernur,” ungkapnya.

Sumber: BeritaSatu.com

 

Tags

Artikel Terkait

Close