BIROKRASI

Masih ada 39 Ribu Penduduk DKI Belum Lakukan Perekaman e-KTP

Suasana Pelayanan masyarakat di Kantor Suku Dinas Catatan Sipil Pemerintah Kota Jakarta Utara. (alif)

Jakarta Review – Hingga saat ini, tercatat puluhan ribu warga DKI Jakarta belum melakukan perekaman KTP Elektronik. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Edison Sianturi mengatakan terdapat 39 ribu warga.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta saat ini jumlah penduduk di Jakarta tercatat 10.117.924 jiwa. Itu berarti masih ada 0,51 persen warga DKI Jakarta yang belum melakukan perekaman e-KTP.

“Masih ada 39.000 lagi di DKI (yang belum rekam) atau hanya 0,51 persen,” ujar Edison di sela Acara Tea Walk Korpri Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Kawasan Agro Wisata Gunung Mas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (21/10/2017) seperti dikutip poskotanews.com.

Edison menjelaskan setidaknya ada beberapa kendala yang menyebabkan warga tersebut belum melakukan perekaman hingga saat ini. Kendala tersebut diantaranya berada di luar negeri atau luar kota dan sakit.

“Kendalanya mungkin mereka ada di luar negeri. Mungkin mereka di luar kota, atau sakit di rumah, makanya kita umumkan di setiap loket kelurahan bagi orang sakit lumpuh agar datang ke kelurahan berikan alamatnya,” terang Edison.

Selain itu kendala yang ditemukan menurut Edison, beberapa warga memang enggan melakukan perekaman e-KTP. Dikatakan Edison warga tersebut sengaja ingin menutupi identitasnya.

“Kedua saya duga kenakalan, dia tidak mau mengubah datanya. Dia tidak bersih hati. dia tidak ikhlas diketahui identitasnya, atau ketiga mati belum lapor,” pungkas Edison. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close