BIROKRASI

Pemprov DKI Gelar Gerebek Sampah di Pesisir Teluk Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar grebek sampah dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 Pesisir Pantai Teluk Jakarta, di kawasan industri Marunda, Cilincing Jakarta Utara, Minggu (15/4). Ribuan orang terlibat dalam aksi bersih-bersih pantai pesisir Cilincing hari ini untuk menggugah kepedulian warga. (Foto: Punto/beritajakarta.id)

Jakarta Review, Jakarta – Sekitar 1.000 orang terlibat dalam kegiatan Gerebek Sampah di Pesisir Teluk Jakarta, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (15/4).

Selain rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018, kegiatan ini juga untuk menggugah kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, pihaknya melibatkan sekitar 1.000 orang yang berasal dari SKPD, siswa sekolah, Polri, TNI dan berbagai elemen masyarakat. Sebanyak 12 unit truk sampah, dua alat berat dan ribuan kantong sampah plastik dikerahkan dalam kegiatan ini.

“Ini bagian dari kepedulian semua pihak untuk mewujudkan Jakarta Bersih 2020. Jakarta tak hanya bersih di daratnya saja, perairannya juga harus bersih,” ujarnya, Minggu (15/4).

Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad menambahkan lokasi tersebut dipilih karena jauh dari permukiman warga sehingga kerap luput dari pemantauan.

“Karena jauh dari permukiman sehingga luput dari jangkauan dan perhatian. Makanya hari ini semua komponen kita libatkan dalan gerebek sampah,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Sampah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Novrizal Tahar mengatakan, sampah harus diperlakukan dan dikelola dengan baik.

“Kita perlu memerangi sampah plastik, kalau tidak mampu mengelola dan mendaur ulang lebih baik batasi penggunaannya,” tandasnya.

Sumber: beritajakarta

Tags

Artikel Terkait

Close