BIROKRASI

Pemprov DKI Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima penghargaan Top Pelayanan Publik dari Kementerian PANRB. (Dok: Istimewa)

Jakarta Review, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyabet dua penghargaan pada Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018. Penghargaan tersebut diberikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri PAN/RB Stafruddin kepada 31 instansi yang membuat inovasi layanan publik, diantaranya diperoleh oleh DKI Jakarta.

Dua inovasi yang dibuat oleh DKI Jakarta dan mendapatkan penghargaan, yaitu  Cek Dan Sadari (Cegah Kanker Serviks Dengan Aplikasi MAPLE-S dan Mobil Deteksi Kanker HIBISCUS) dan Inovasi Sipil Doyan Jalan (Sistem Pilih Dokter dan Waktu Pelayanan Pasien Rawat Jalan dan Peserta JKN-KIS).

“Alhamdulillah, Jakarta menerima award dari Pemerintah Pusat. Kita ada (memperoleh) dua (inovasi) dari 40 inovasi yang terpilih,” ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baawedan saat menerima penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 Pada Pembukaan The International Public Service Forum (IPS Forum) 2018 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (7/11/2018).

Anies mengatakan, dia bersyukur dan berharap semoga raihan itu jadi pemantik bagi seluruh (daerah) untuk berinovasi dan memanfaatkan yang sudah dibuat (untuk publik).

Pada kesempatan itu Anies turut menyampaikan apresiasi kepada Puskemas Senen dan RS Koja yang turut andil dalam menumbuhkan inovasi, sehingga meraih penghargaan tersebut.

“Intinya, saya mau inovasi ini dipakai di banyak tempat dan di seluruh fasilitas kita. Insya Allah tahun 2019, inovasi Puskesmas Senen dan RS Koja akan digunakan di seluruh wilayah (DKI Jakarta),” tandasnya.

Selain DKI Jakarta, terdapat 31 instansi yang meraih penghargaan inovasi pelayanan publik, di antaranya: Kementerian Pertahanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Luar Negeri, Polda Papua, Polda Jambi (Lembaga Aparatur), Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Tengah, Pemprov Jawa Timur, Pemprov Kalimantan Selatan, Pemprov Sulawesi Selatan, Pemprov Sumatra Barat.

Kemudian, inovasi tingkat Kabupaten, diraih oleh Banyuwangi, Klungkung, Luwu Utara, Malang, Merauke, Pangkajene, Rote Ndao, Sumbawa, Takalar, Teluk Bintuni, Timor Tengah Utara, Trenggalek, Tulung Agung. Sedangkan, inovasi tingkat Kota diperoleh Bandung, Bogor, Cimahi, Madiun, Padang, Pare Pare, Tegal.

Sumber: Wartaekonomi.co.id

Tags

Artikel Terkait

Close