BIROKRASI

‘PTSP Goes to Mall’ Hadir di Pondok Indah Mall dan Koja Trade Mall

Pengunjung Mal sedang mendapat penjelasan dari petugas di stand PTSP di Koja Trade Mall. (Dok Humas PTSP)

Jakarta Review – Setelah sukses menggelar ‘PTSP Goes to Mall’ di beberapa Mall favorit di Jakarta, kini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta mengadakan ‘PTSP Goes to Mall’ di Pondok Indah Mall 2 (PIM 2), Skywalk, setiap hari Rabu pukul 11.00 s.d. 15.00, dari tanggal 27 September 2017 hingga akhir Oktober 2017 dan di Koja Trade Mall, lantai 1, pada hari Kamis tanggal 28 September 2017.

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan berlanjutnya program ini sebagai salah satu upaya DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dalam mendorong index Ease of Doing Business (EoDB) pada peringkat 40 sesuai target Pemerintah Republik Indonesia, dimana Jakarta sebagai salah satu kota yang mewakili Indonesia dalam survey EoDB tersebut.

“Untuk mendorong Indonesia masuk dalam jajaran Top 40 peringkat EoDB, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta terus melakukan inovasi layanan, guna percepatan pelayanan dan memberikan kemudahan masyarakat dalam mengurus perizinan dan non perizinan dengan bekerja tanpa lelah memberikan yang terbaik, salah satunya mengadakan kegiatan ‘PTSP Goes to Mall’ secara berkesinambungan dengan mendekatkan layanan kepada masyarakat dan mengajak masyarakat untuk mengurus sendiri perizinan dan non perizinan tanpa menggunakan pihak ketiga / calo,” tutur Edy di Jakarta, Rabu, (27/9).

Kepala Unit Pelaksana PTSP Kecamatan Kebayoran Lama, Revika Lestari mengatakan antusiasme warga pada hari pertama ‘PTSP Goes to Mall’ di Skywalk PIM 2 ini cukup besar. Umumnya pemohon yang datang ke booth ‘PTSP Goes to Mall’ ingin berkonsultasi mengenai pelayanan administrasi, prosedur pendirian izin usaha, dan prosedur Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Meskipun DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta telah malakukan publikasi seluruh  persyaratan, mekanisme pelayanan, dasar hukum, definisi dan retribusi pada setiap perizinan dan non perizinan di website pelayanan.jakarta.go.id, namun masyarakat tetap membutuhkan sosok aparatur pemerintah secara nyata memberikan penjelasan dan konsultasi tatap muka (face to face). Terbukti setiap kali kami hadir di tengah-tengah masyarakat melalui ‘PTSP Goes To Mall’ tidak pernah sepi pengunjung, sebagaimana hari pertama di Skywalk PIM 2 ini, total 73 pengunjung mendatangi booth kami untuk melakukan konsultasi dan pengurusan izin/non izin” ujar Revika.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana PTSP Kecamatan Koja, Maman Suparman mengatakan ‘PTSP Goes to Mall’ di Koja Trade Mall ramai didatangi pengunjung, sebagian besar mereka melakukan konsultasi terkait permasalahan administrasi masyarakat dan memulai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Hadirnya ‘PTSP Goes to Mall’ di Koja Trade Mall (KTM) memberikan warna tersendiri.   Jika di pusat perbelanjaan lainnya lebih banyak didominasi konsultasi izin usaha yang kompleks, di KTM pemohon umumnya melakukan konsultasi pelayanan administrasi masyarakat dan Ketetapan Rencana Kota (KRK). Sementara untuk izin usaha, lebih banyak yang melakukan konsultasi terkait permasalahan memulai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pemohon pun didominasi oleh para Ibu Rumah Tangga” ujar Maman.

Lebih lanjut Edy menambahkan, melalui kegiatan ini, diharapkan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan publik yang prima sesuai dengan ketentuan UndangUndang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang menyebutkan bahwa negara berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan setiap warga negara melalui sistem pemerintahan yang mendukung terciptanya penyelenggaraan pelayanan publik dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara atas barang publik, jasa publik dan pelayanan administratif.

“Pesan utama dalam gelaran ‘PTSP Goes to Mall’ ini, kami ingin menyadarkan kepada seluruh Warga Negara, khususnya Penduduk Jakarta, bahwa pelayanan publik merupakan kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara. Oleh karenanya DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta hadir di tengah-tengah masyarakat melalui komitmen dengan penuh amanah berdedikasi sepenuh hati memberikan pelayanan publik yang Prima di Jakarta” ujar Edy.

Sekedar informasi sejak dilaksanakan pada bulan April s.d. September 2017, sudah tercatat 10 (sepuluh) Mall yang berpartisipasi dalam gelaran PTSP Goes to Mall. Kesepuluh Mal tersebut yaitu Lottemart Fatmawati, Cilandak Town Square, Poin

Square, One Bel Park, Mall Taman Palem, Plaza Indonesia, Lippo Mall Kemang, Plaza Atrium Senen, Koja Trade Mall dan Pondok Indah Mall.

“Setelah ‘PTSP Goes to Mall’ di KTM dan Pondok Indah Mall, kami akan hadir  di Mall Kelapa Gading, Pacific Place, dan Mall Cibubur Junction,” tandasnya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close