BIROKRASI

Sandi Resmikan Lokbin Buah dan Sayur Pasar Minggu

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Sandiaga Uno meresmikan Lokasi Binaan (Lokbin) Pasar Minggu Sentra Buah dan Sayuran, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (21/4). (Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, meresmikan Lokasi Binaan (Lokbin) Blok A dan Blok B Pasar Minggu. Lokbin yang banyak menjual buah-buahan dan sayur-mayur tersebut terletak di Jalan Warga RT002/RW02, Kelurahan Pasar Minggu, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (21/4/2018).

Hadir dalam acara peresmian tersebut Sandiaga, Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Tri Kurniadi, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan DKI Jakarta Irwandi, Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin, Dandim 0504 Jakarta Selatan Letkol Arh Aji Prasetyo Nugroho, dan Kapolsek Pasar Minggu Kompol Harsono.

Sandi berharap dengan adanya lokbin tersebut, para pedagang yang masih berjualan di tempat yang bukan semestinya, dalam hal ini Pedagang Kaki Lima (PKL), dapat memindahkan dagangannya ke dalam lokbin, agar menjadi tertib dalam menjajakan dagangannya.

“Lahan usahanya sudah ada, tidak boleh lagi ada yang berjualan di jalanan. Semua akan dipindahkan ke lokasi yang sudah dibangun. Jadi saya perintahkan kepada Dirut PD Pasar Jaya untuk segera diisi, dan kita harapkan daerah ini akan jauh lebih tertib ke depan,” ujar Sandiaga di Lokbin Pasar Minggu, Sabtu (21/4/2018).

Sandi mengatakan, dirinya mengapresiasi kerja Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi atas selesainya revitalisasi Lokbin buah dan sayur di Pasar Minggu. Revitalisasi Lokbin sayur dan buah Pasar Minggu ini bertujuan untuk menciptakan usaha dan menggerakkan roda ekonomi masyarakat menjelang Ramadan.

Ia pun mengimbau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait agar terus memantau pedagang. Khusus kepada jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) diminta membuatkan rekayasa lalu lintas agar Lokbin Pasar Minggu tetap ramai.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta, Irwandi menjelaskan, di lokbin ini ada sebanyak 327 kios yang telah direnovasi sejak dua bulan lalu dengan dana APBD sebesar Rp 1,2 miliar.

“Ini terdiri dari pedagang sayuran, buah, sembako dan kuliner. Total ada 327 pedagang,” tandasnya. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close