BIROKRASI

Sandiaga Resmikan Rumah Potong Hewan Unggas Rorotan

Wagub DKI Jakarta meninjau sejumlah fasilitas yang ada di Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Peninjauan tersebut dilakukan usai meresmikan RPH Rorotan tersebut. (beritajakarta.id)

Jakarta Review, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menandatangani prasasti sekaligus meresmikan Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (6/2).

Dia berharap, keberadaan RPHU ini bisa meningkatkan kesejahteraan 47 pelaku usaha yang direlokasi dari eks Pasar Bebek.

“Ini investasi sebesar Rp 14 miliar. Mudah-mudahan bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Dijelaskan Sandi, peluang meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha unggas di RPHU sangat memungkinkan. Ia juga meminta jajaran Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah serta Perdagangan (KUKMP) dan Dinas Perindustrian dan Energi (Dinas PE) bisa mendukung suplai bagi pelaku usaha di RPHU Rorotan ini.

“Ke depan tren konsumsi bebek akan meningkat, kita harus pastikan kualitas terjaga, tersertifikasi. Kita juga akan sinergikan dengan OK OCE agar bisa meningkatkan kesejahteraan mereka,” tandasnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Peternakan (KPKP) DKI Jakarta, Sri Hartati mengatakan, pengoperasian RPHU ini merupakan hasil kesepakatan bersama pelaku usaha. Sehingga dengan sukarela mereka akan mengosongkan lapaknya di Pasar Rawa Bebek.

“Kita sepakati waktu tiga hari bagi pelaku usaha untuk bersih-bersih di lokasi lama. Mulai Senin mereka semua sudah harus masuk ke sini,” katanya.

Dijelaskan Sri, RPHU Rorotan dilengkapi sarana mushola, kantin, kantor ruang administrasi, etalase penampungan, tempat pemotongan bebek atau unggas manual dan semi otomatis. Selain itu, sistem drainase RPHU sudah ditata untuk memilah air limbah dan air kotor.

Menurut Sri, pada tahun ini pihak Dinas KPKP juga akan melengkapi RPHU dengan mesin pengolah air limbah. Untuk sementara, air limbah yang dihasilkan RPHU akan ditangani melalui mobil limbah Dinas Lingkungan Hidup.

“Dengan mulai beroperasinya RPHU Rorotan ini, kami berharap tempat pemotongan hewan unggas di permukiman tidak ada lagi,” tuturnya.

Sumber: beritajakarta.id

Tags
Close