BIROKRASI

Shita Damayanti: Ingin Ciptakan Entrepreneur Perempuan yang Jiwai Semangat Kartini

Kasudin KUMKMP Jakarta Selatan Shita Damayanti (Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Kepala Suku Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Persagangan (KUMKMP) Jakarta Selatan, Shita Damayanti bersyukur makin banyak perempuan yang mampu bersaing dengan kaum lelaki dalam hal bisnis.

Hal ini ia dapati dari data sejumlah UMKM binaannya, yang didominasi oleh kaum perempuan. Ia menilai, kegigihan para perempuan tersebut merupakan aktualisasi dari semangat yang ditanamkan RA Kartini pada masa lampau.

Menurutnya, RA Kartini adalah salah satu sosok yang dapat memberikan semangat bagi perempuan Indonesia untuk dapat berkembang lebih baik dengan berbagai profesi.

“Beliau juga Mmemberi dorongan dan motivasi kepada seluruh perempuan Indonesia untuk terus belajar dan lebih produktif lagi,” kata Shita seperti dikutip Warta Kota, Jumat (20/4/2018).

Shita juga mengingat perjuangannya hingga menduduki jabatan sebagai seorang kasudin, seperti sekarang ini. Ia mengaku, melalui berbagai proses sulit termasuk bersaing dalam hal prestasi dengan pegawai lainnya.

Terlebih, pada satuan yang ia pimpin saat ini bersentuhan dengan aspek penting, salah satunya mendorong ekonomi kerakyatan hingga menciptakan para entrepreneur baru.

Ia pun selalu bangga, ketika melihat UMKM binaannya kemudian bertumbuh. Bahkan, tidak jarang, usaha yang dilakoni menjadi besar dan mampu menciptakan lapangan kerja baru.

“Sesuai Tupoksi UMKM, keberhasilan kami salah satunya diukur dari seberapa banyak enterpreuner yang dapat berniaga dengan mudah. Di Jakarta, enterpreuner wanita cukup dominan, terutama di sektor busana, kerajinan tangan, konsumsi dan sebagainya,” ungkap pemilik mata indah ini.

Shita berkomitmen untuk terus mendorong kemajuan sektor UMKM di Jakarta, termasuk para pelaku usaha perempuan yang menurutnya tidak kalah gigih dengan kaum lelaki.

“Misi kami salah satunya adalah menyediakan sebanyak mungkin pasar bagi mereka, memfasilitasikan bertemunya supply dan demand. Momentnya ada pada setiap kesempatan. Setiap hari kami berfikir dan merencanakan bagaimana para enterpreuner dapat berniaga.”

“Kami berusaha memberi motivasi dan merubah mindsetting para wirausaha atau usaha kecil dan menengah untuk dapat berkembang dan memajukan usahanya serta memberi kemudahan mereka untuk naik kelas,” tandas Shita.

Sumber: Wartakota

Tags
Close