BIROKRASI

Tingkatkan Pendapatan Daerah, DKI Kaji Naikan PBB Jalan Tol

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah. (maxmun)

Jakarta Review – Guna meningkatkan pendapatan daerah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang mewacanakan kenaikan tarif pajak bumi dan bangunan (PBB) jalan tol.

“PBB-nya mau kami tingkatin ini untuk jalan tol,” ujar Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (20/10/2017).

Pilihan untuk meningkatkan PBB di Jalan tol, karena bisnis jalan tol selama ini menguntungkan. Ini bisa dilihat dari ruas-ruas jalan tol di Ibu Kota selalu dipenuhi kendaraan setiap hari.

Ia menambahkan, kenaikan PBB jalan tol nantinya akan diatur dalam surat keputusan (SK) Gubernur. Namun demikian, Pemprov DKI belum memutuskan persentase kenaikan PBB tersebut.

“Bisnis jalan tol kan untung ini, penuh terus. Setiap detik masuk duit, apalagi sekarang pakai tap, kartu,” kata Saefullah.

Selain kenaikan PBB jalan tol, Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta juga masih mencari potensi-potensi pendapatan daerah yang lainnya pada tahun 2018, misalnya menaikkan biaya uji kir kendaraan dengan angka bulat.

“Kemarin kami pasang Rp 42 triliun PAD (pendapatan asli daerah) ya. Kami cek lagi kira-kira potensi mana yang bisa naik. Jalan tol, parkir, reklame, apalagi yang memungkinkan untuk dinaikan,” tutur Saefullah. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close