BIROKRASI

Tujuh Ribu E-KTP Bisa Dicetak di TMII dalam Sehari

Warga antre menyerahkan berkas untuk pencetakan e-KTP di stan pelayanan dan pencetakan e-KTP di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Jumat (20/10/2017). Kegiatan yang digelar antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri ramai diserbu warga yang yang belum memiliki e-KTP. (tempo.co)

Jakarta Review – Sebanyak 10 printer disiapkan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna mencetak kartu tanda penduduk elektronik atau E-KTP pada acara Nusantara Expo dan Forum 2017 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Di sini ada juga ada percetakannya. Untuk hari ini kami sediakan 10 printer buat mencetak E-KTP,” kata Sesditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri I Gede Surata, di TMII, Jumat (20/10/2017) seperti dikutip kompas.com.

Menurut Gede, satu printer itu bisa mencetak 300 e-KTP. Kalau semua printer beroperasi,  3.000 e-KTP bisa dihasilkan dalam sekali cetak.

“Nah printer-nya ini sekali beroperasi sekitar delapan jam jadi kemungkinan kami bisa mencetak 6 sampai 7 ribu e-KTP dalam sehari di sini,” jelas dia.

Kendati antrean untuk hari ini sudah ditutup, panitia dari Kemendagri masih terus menyortir berkas-berkas milik warga. Berkas tersebut adalah suket atau surat keterangan dari kelurahan yang dilengkapi barcode dan fotokopi kartu keluarga (KK).

“Ini sekarang lagi disortir dan yang berkasnya sesuai langsung kami kerjakan sampai subuh besok,” kata Gede. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close