Sekitar Jakarta

65.685 Wisatawan Kunjungi Kepulauan Seribu Saat Libur Lebaran

Jembatan Cinta di Pulau Tidung. Salah satu destinasi favorit di Kepulauan Seribu. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Jumlah wisatawan di Kepulauan Seribu DKI Jakarta mengalami peningkatan saat libur lebaran 2019 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada 31 Mei hingga 9 Juni 2019, jumlah wisatawan yang mengunjungi Kepulauan Seribu mencapai 65.685 pengunjung dengan wisatawan mancanegara mencapai 754 pengunjung.

Pada tahun sebelumnya yaitu 11-17 Juni 2019, jumlah wisatatawan yang mengunjungi Kepulauan Seribu hanya mencapai 48.731 pengunjung.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudinparbud) Kabupaten Kepulauan Seribu Cucu Kurnia, pulau penduduk yang banyak dikunjungi oleh wisatawan antara lain Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, dan Pulau Untung Jawa.

Puluhan ribu wisatawan tersebut datang dari lima dermaga yang tersebar di sejumlah tempat seperti Dermaga Marina Ancol, Dermaga Kali Adem, Dermaga Tanjung Pasir Tangerang, Dermaga Rawa Saban Tangerang, dan Dermaga Sunda Kelapa.

Adapun untuk pulau resort yang paling banyak dikunjungi antara lain Pulau Bidadari, Pulau Ayer, Pulau Putri, Pulau Macan, Pulau Sepa, Pulau Pelangi, dan Pulau Pantara.

Cucu mengatakan dalam rangka mengembangkan pariwisata di Kepulauan Seribu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta saat ini sedang menyusun master plan pengembangan pariwisata di kabupaten tersebut.

Namun, Kepala Disparbud DKI Jakarta Edy Junaedi tidak menerangkan berapa besar anggaran yang akan dikeluarkan untuk mencapai target yang tertuang dalam master plan tersebut.

Adapun pelaksanaan dari master plan tersebut baru akan dianggarkan tahun depan dalam APBD 2020.

Di lain pihak, Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Husein Murad mengatakan untuk saat ini pengembangan di Kepulauan Seribu masih mengandalkan anggaran yang tersebar di berbagai dinas dan sektor.

Master plan-nya belum ada serinci itu ya, lagi disusun. Sekarang masih mengacu pada APBD 2019 yang ada,” ujar Husein, Kamis (13/6/2019).

Cucu juga menerangkan untuk saat ini pihaknya masih mengandalkan penyelenggaraan event di Kepulauan Seribu untuk menarik wisatawan.

Sumber: Bisnis.com

Tags

Artikel Terkait

Close