MEGAPOLITAN

Dirlantas Sanggah Penutupan Tol Secara Permanen

Sistem Buka Tutup di 19 Pintu Tol Selama ASIAN GAMES

JAKARTA REVIEW – Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusuf menyanggah penutupan 19 pintu tol secara permanen. Menurutnya, pintu atau gerbang masuk tol tidak akan ditutup secara permanen selama Asian Games 2018, melainkan dengan sistem buka tutup dan sedang dimatangkan pelaksanannya.

Yusuf bilang, penutupan itu akan diatur waktunya, sehingga pada waktu tertentu akan tetap dibuka.

“Tidak permanen, kan dibuka, ada waktunya dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB, cuma memang agak lama,” kata Yusuf di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Yusuf menerangkan, penutupan pintu tol itu berdasarkan kesepakatan bersama antara Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) dan juga Dishubtrans DKI Jakarta.

Ilustrasi penutupan pintu tol

Sementara dari hasil kjian BPTJ sendiri,  kebijakan buka tutup 19 pintu tol selama pelaksaan Asian Games 2018. Kebijakan tersebut akan terlebih dahulu diujicoba.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan akan membahas kebijakan tersebut bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). “Nanti kita bahas bersama-bersama. Kan kita barengan simulasinya. Ini kan baru uji coba. Nanti setelah uji coba kita paparkan kemudian Kemen PUPR menetapkan,” ujarnya.

Ujicoba penutupan 19 pintu tol akan dilakukan bersama simulasi terakhir pada pekan depan. BPTJ harus memastikan kesiapan Ditlantas Polda Metro Jaya terlebih dahulu guna menggelar simulasi lalu lintas jelang Asian Games 2018 di Jakarta.

“Minggu depan. Nanti yang nyiapin Ditlantas. Kami lagi nunggu dari Dirlantas siapnya kapan. Karena kita perlu penyiapan armada, atur skenario, supaya nanti pas saat simulasi kita langasung bisa tetapkan skenario yang mana. Simulasi yang terakhir,” imbuhnya. (Nap).

Tags

Artikel Terkait

Close