HUKUMMEGAPOLITAN

Gubernur Djarot Minta Mobil yang Tak Parkir di Garasi Ditindak Mulai Oktober

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di acara soft launching Jakgrosir Kramat Jati. (beritajakarta)

Jakarta Review – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta mobil yang tidak diparkir di garasi mulai ditindak pada Oktober 2017. Sementara pada September ini, Djarot meminta Dinas Perhubungan DKI mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi yang mengatur kepemilikan garasi bagi pemilik mobil tersebut.

“Sekarang ini kan ada bulan tertib trotoar, saya minta sama Kadis Perhubungan untuk mensosialisasi kembali perda ini sehingga bulan depan, Oktober sudah mulai ada penindakan,” kata Djarot kepada sejumlah awak media di acara soft launching Jakgrosir Kramatjati, Jakarta Timur, Jumat (8/9/2017).

Djarot menjelaskan dalam Perda tersebut disebutkan bahwa mobil yang diparkir di jalan akan dikandangkan oleh petugas dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

“Perda tersebut sebenarnya pernah disosialisasikan, namun mengalami hambatan dan mandek. Masyarakat pun banyak yang belum mengetahui aturan tersebut,”tutur Djarot.

Karena itu lanjut Djarot, ke depannya perda tersebut harus gencar disosialisasikan kembali agar warga tidak lagi memarkir mobilnya di jalan. Pasalnya selain menimbulkan kemacetan, parkir di jalan juga menjadi penghambat apabila ada bencana.

“Misalnya ada bencana di situ, karena banyak mobil nongkrong di situ, yang enggak ada garasi, mobil pemadam kebakaran enggak bisa masuk,” ungkap Djarot.

Sekedar informasi Pasal 140 Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 menyebutkan pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi dan tidak Boleh memarkir kendaraan di jalan. Warga atau badan usaha yang akan membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat. Surat bukti itu kemudian menjadi salah satu syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

Lebih lanjut Djarot menyebutkan, bagi pemilik kendaraan yang tidak memiliki garasi di tempat tinggalnya, meraka harus punya jaminan tempat untuk memarkir kendaraannya, seperti tempat parkir sewa. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close