HUKUM

BPOM Pastikan Produksi Ikan Makarel dalam Kaleng Aman

Konferensi Pers BPOM soal temuan parasit cacing pada ikan makerel dalam kaleng. (Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Perindustrian segera menindaklanjuti temuan parasit cacing pada ikan makerel dalam kaleng dengan melakukan audit ke tempat yang memproduksi.

Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito mengatakan audit dilakukan untuk memeriksa proses pembuatan secara menyeluruh serta mengidentifikasi titik kritis yang memungkinkan standar mutu dan keamanan produk akhir tidak terpenuhi.

“Berdasarkan hasil audit komprehensif diketahui bahwa parasit cacing merupakan cacing laut jenis Anisakis, bukan cacing pita, berasal dari bahan baku ikan makerel di laut yang berasal dari impor,” ungkapnya di BPOM Jakarta, Jumat (6/4/2018).

Penny berharap masyarakat tidak perlu khawatir lagi dengan produk ikan makerel dalam kaleng serta tidak perlu takut untuk mengonsumsi.

“Pemerintah sudah memastikan produk yang tidak memenuhi standar tidak akan lagi beredar di masyarakat,” ujarnya.

Penny juga tidak bosan mengingatkan untuk selalu memeriksa kemasan dalam kondisi utuh, baca informasi pada label, pastikan memiliki izin edar dari BPOM RI dan tidak melewati masa kedaluwarsa. (win)

Tags
Close