HUKUM

Diamond Karaoke Resmi Ditutup Permanen

Karaoke Diamond, Taman Sari, Jakarta Barat .

Jakarta Review, Jakarta – Meski Polda Metro Jaya telah mengirim surat yang menyatakan manajemen Diamond Karaoke, Tamansari, Jakarta Barat tak terlibat dalam kasus narkoba yang melibatkan Indra J Piliang, tetapi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap melakukan penutupan tempat hiburan tersebut secara permanen.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Yani Wahyu Purwoko membenarkan hal itu. Kemarin malam, Kamis (16/11) sekitar pukul 22.00 WIB, sebanyak enam penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) dan 15 anggota Satpol PP dikerahkan untuk menutup Diamond Karaoke.

“Kita kerahkan kemarin malam, untuk tutup tempat hiburan malam itu secara permanen,” kata Yani di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (17/11).

Menurutnya, tindakan penutupan tersebut dilakukan atas instruksi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Diamond Karaoke dinilai telah jelas melakukan pelanggaran, yaitu dijadikan tempat penggunaan dan peredaran narkoba.

“Karena sudah ada instruksi itu, ya kita lakukan penutupan. Satpol PP kan bertugas sebagai aparat penegak peraturan daerah,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Seksi Operasi Satpol PP DKI Jakarta, Harry Apriyanto. Penutupan dilakukan berdasarkan instruksi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Pak Gubernur meminta meminta agar dilakukan tindakan tegas terhadap semua tempat hiburan yang terbukti melanggar peraturan daerah,” kata Harry.

Ia menceritakan proses penutupan yang dilakukan kemarin malam berjalan lancar dan tidak ada perlawanan sama sekali dari manajemen Diamond Karaoke. Apalagi sejak 15 September, pihak manajemen sudah menutup sementara operasional Diamond Karaoke.

“Pada 15 September, mereka sudah menutup operasional Diamond Karaoke. Itu pada saat kita melakukan penyegelan. Karena sudah ditutup sementara, maka penutupan secara permanen kemarin malam berlangsung dengan kondusif. Saat eksekusi penutupan, tidak ada tamu atau pengunjung yang datang,” jelas Harry.

Menurut Harry, penutupan permanen Diamond Karaoke dilakukan karena telah terbukti melanggar Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta Nomor 6 tahun 2015 tentang Kepariwisataan. Pasal 99 Perda Kepariwisataan berisi ketentuan pencabutan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) bagi perusahan hiburan malam yang terbukti melakukan pembiaran terjadinya peredaran, penjualan, dan pemakaian narkoba dan/atau zat adiktif.

“Oleh karena itu, Gubernur Anies pun segera memerintahkan Satpol PP untuk mengambil langkah tegas,” katanya. (win/beritasatu.com)

Tags

Artikel Terkait

Close