HUKUM

Polres Jaksel Kaji Penambahan Layanan Penitipan Kendaraan Pemudik

Warga melintas di halaman Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Tebet di Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2019). (ANTARA News/Aditya Pradana Putra)

Jakarta Review, Jakarta – Kepolisian Resor (Polres) Metro Jakarta Selatan mengkaji penambahan lokasi layanan gratis penitipan kendaraan bermotor warga yang mudik ke kampung halaman mereka.

“Kami akan mengkoordinasikan hal tersebut bersama walikota dan TNI untuk membicarakan apakah mereka bisa melakukan layanan yang sama tahun ini,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Indra Jafar di Jakarta, Jumat, 17 Mei.

Kapolres mengatakan jajarannya bersama pemerintah kota dan TNI setempat juga akan membahas lokasi mana saja yang tepat untuk dijadikan lokasi penitipan kendaraan.

Sebelumnya, pada 2018 Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya membuka layanan gratis di halaman Markas Polres dan Markas Polsek se-DKI Jakarta untuk warga yang ingin menitipkan kendaraan bermotornya selama mudik ke kampung halaman mereka.

Langkah tersebut bertujuan agar warga merasa lebih aman dan mudah pengawasannya dibandingkan menyimpannya di rumah mereka yang kosong.

Meski begitu, layanan gratis yang memiliki syarat menunjukkan KTP dan STNK tersebut masih terkendala keterbatasan daya tampung masing-masing Mapolres dan Mapolsek.

Sementara itu, salah seorang warga Kalibata, Jakarta Selatan, Puji Kurniasari mengatakan layanan gratis penitipan kendaraan warga di halaman kantor kepolisian merupakan hal yang harus diapresiasi positif.

“Pasti kami merasa lebih aman dan tidak was-was untuk meninggalkan kendaraan kami saat pulang ke kampung halaman,” kata dia.

Puji berharap layanan gratis ini dapat terus diadakan setiap masa libur Lebaran untuk lebih menciptakan rasa aman di masyarakat.

Sumber: Antara

Tags
Close