MEGAPOLITAN

Jumlah Pendatang Baru di DKI Diprediksi 71.000 Orang

Ilustrasi: Pendatang baru yang akan datang ke Jakarta paska Lebaran 2019 diperkirakan mencapai 71.000 orang. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sekitar 2,81 persen atau sekitar 2.000 orang.

Jakarta Review, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memprediksi jumlah pendatang baru di tahun ini mencapai 71.000 orang. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sekitar 2,81 persen atau sekitar 2.000 orang.

“Kalau proyeksi pendatang baru tahan ini kira-kira sekitar 71.000 orang. Naik sedikit dibandingkan tahun lalu, 69.000 orang,” kata Anies seusai sidak pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Senin (3/6/2019).

Anies memaparkan, jumlah pemudik di Jakarta pada tahun 2018 mencapai 5.865.000 orang. Ketika arus balik, pemudik yang kembali bertambah menjadi 5.934.000 orang. Ada selisih sekitar 69.000 orang.

“Tapi angka selisihnya itu dari tahun ke tahun tidak beda banyak. Dan tahun lalu tidak ada operasi yustisi juga. Ini sebenarnya menggambarkan perkembangan ekonomi di Jakarta berkembang bagus,” terang Anies Baswedan.

Ia optimistis, dengan pembangunan yang dilakukan di banyak wilayah Indonesia, maka lapangan pekerjaan pun tersedia di banyak tempat. Sehingga para pencari kerja tidak melulu menjadikan Jakarta sebagai tujuan utama untuk mendapatkan pekerjaan.

“Kalau dulu lapangan pekerjaan memang terkonsentrasi di DKI. Sekarang lapangan pekerjaan ada di banyak tempat. Jadi kita berharap itu akan terjadi,” jelas Anies Baswedan.

Dengan adanya pembangunan infrastruktur dimana-mana, membuat pertumbuhan ekonomi tidak lagi berpusat di Ibu Kota. Justru pembangunan infrastruktur di banyak wilayah di ndonesia, bertujuan supaya pusat pertumbuhan ekonomi ada di banyak tempat.

“Karena itu, kami percaya, bahwa kedepan yang namanya pergerakan kota tetap terjadi urbanisasi. Tapi belum tentu Jakartanisasi. Kalau dulu urbanisasinya ke Jakarta, kalau sekarang urbanisasi ke berbagai wilayah di seluruh Indonesia,‚ÄĚ jelas Anies Baswedan.

Sumber: BeritaSatu.com

Tags
Close