MEGAPOLITAN

KADIN Jakpus Gandeng Indra Uno Gelar Pembekalan OK OCE

Ketua Program OKE OCE Indra Uno saat memberikan meteri kuliah umum di acara pembekalan kewirausahaan bagi masyarakat di Kelurahan Cempaka Putih Barat Jakarta Pusat. (Dok Humas Kadin Jakarta Pusat)

Jakarta Review – Jelang pelantikan Gubernur-Wakil Gubenrur DKI Jakarta yang baru, Anie R Baswedan-Sandiaga S Uno, pada 16 Oktober 2017 mendatang, KADIN Kota Jakarta Pusat menggandeng Tim OK OCE (One Kecamatan One center of Enterpreneurship) menggelar pembekalan kewirausahaan bagi masyarakat di Kelurahan Cempaka Putih Barat Jakarta Pusat.

Kegiatan pembekalan diikuti oleh 75 orang perwakilan berbagai elemen masyarakat di wilayah Kelurahan Cempaka Putih Barat. Adapun bentuk pembekalannya dikemas dalam bentuk kuliah umum.

Acara tersebut dihadiri oleh Prof Dr.Indra C Uno sebagai Pakar dan Pimpinan Program OKE OCE sekaligus pemberi materi kuliah umum, lalu dihadiri pula oleh Ketua KADIN Kota Jakarta Pusat RH Victor Aritonang, Camat Cempaka Putih Andri Ferdian, dan Lurah Cempaka Putih Barat Fetaria. Adapun kegiatan dibuka resmi oleh RH Victor Aritonang sebagai tuan rumah.

Dalam sambutannya Victor mengatakan, kegiatan kuliah umum ini merupakan kegiatan perdana. Kedapan kegiatan yang sama akan digelar di kecamatan lain yang ada diwilayah Provinsi DKI Jakarta.

Ia menjelaskan program OKE OCE diadakan dalam rangka mensinergikan berbagai kelompok usaha masyarakat dengan berbagai pelaku usaha. Misalnya Grand Cempaka Business Hotel yang membutuhkan sandal hotel dan berbagai souvenir khas betawi untuk keperluan interior dan eksterior hotel.

“Nah nantinya melalui OKE OCE kita jembatani sinergi antara pelaku usaha home industri dengan manajemen hotel tersebut agar produksi UKM home industry peserta OKE OCE tersebut bisa memenuhi standar sehingga bisa masuk ke hotel tersebut,” tuturnya.

Sementara itu Indra Uno mengatakan, OKE OCE adalah fasilitator yang akan membantu akses bagi masyarakat yang ingin menjadi wirausaha. Selain itu juga bagi mereka yang ingin mengembangkan usahanya atau ingin usahanya naik kelas.

“Intinya OKE OCE urusannya hanya melahirkan pengusaha-pengusaha baru, dan mengembangkan usaha-usaha yang sudah berjalan, sehingga dapat  membuka banyak lapangan kerja baru,” ujar Pimpinan Program OK OCE ini.

Kakak Wakil Gubernur DKI terpilih Sandiaga Salahudin Uno ini menambahkan dalam OKE OCE nantinya masyarakat akan dibimbing oleh para mentor/pelatih yang notabene adalah para pelaku usaha itu sendiri. Mereka akan dibimbing tentang bagaimana memulai bisnis yang kemudian akan dilanjutkan dengan program pendampingan hingga bisnis bisa berjalan dengan stabil. Nah nantinya setelah bisnis tersebut sudah berjalan stabil dan berpotensi berkembang, selanjutnya akan dibantu aksesnya untuk mendapatkan permodalan dari Bank DKI sebagai Bank milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (win)

Tags
Close