MEGAPOLITAN

Kantor Perwakilan BI Jakarta Gelar Edukasi kepada Pelajar MAN 3

Kepala Kantor Perwakilan BI Jakarta Trisno Nugroho sedang memberikan materi edukasi tentang BI kepada siswa-siswi MAN 3 Jakarta, Rabu,8/8/2018. (Win/jakrev)

Jakarta Review, Jakarta – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta memberikan edukasi tentang BI kepada siswa siswi MAN 3 Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Delapan puluh pelajar di sekolah yang terletak di Cempaka Putih tersebut nampak antusias mengikuti dan mendengarkan pemaparan dari Kepala Kantor Perwakilan BI Jakarta Trisno Nugroho di ruang serba guna MAN 3 Jakarta.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jakarta, Trisno Nugroho, mengatakan, kegiatan BI Mengajar ini merupakan agenda perayaan Ulang Tahun Bank Indonesia yang ke 65. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk perayaan Hari Kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus 2018 mendatang.

Trisno menuturkan, pihaknya ingin memberi pemahaman kepada pelajar dan masyarakat terkait tugas bank sentral, inflasi, rupiah dan semua yang berkaitan dengan tugas utama BI.

Selain itu, para peserta juga diberi pemahaman terkait cara membedakan uang asli dan palsu dan proses penerbitan uang dari mulai perencanaan sampai distribusi ke seluruh wilayah Indonesia.

“Kami ingin memberi kontribusi di dunia pendidikan Indonesia. Ini dalam rangka mendewasakan dan memberikan pengetahuan terkait tugas tugas BI,” ujar Trisno.

Saat dibuka sesi tanya jawab, siswa-siswi MAN 3 nampak antusias mengajukan pertanyaan. Lima orang peserta pun sempat mengajukan beberapa pertanyaan menyangkut hutang, penerbitan uang, dan nilai tukar (kurs).

“Mengapa nilai tukar dolar menjadi sangat tinggi terhadap rupiah,” ujar salah seorang siswa saat mengajukan pertanyaan.

Trisno tak lupa memberikan motivasi kepada siswa-siswi MAN 3 agar giat belajar dan meraih pendidikan setinggi mungkin. Namun kalau tidak minat meraih pendidikan yang lebih tinggi, menjadi pengusaha juga cita-cita yang mulia. Mengapa, karena menjadi pengusaha itu pintu rejekinya lebih luas dibandingkan dengan menjadi karyawan.

“Prinsipnya betapapun keterbatasan yang kita miliki, jangan lupa untuk terus memotivasi diri untuk meraih masa depan yang lebih baik melalui pendidikan yang tinggi,” tandasnya.

Sekedar informasi Kegiatan BI Mengajar tidak hanya dilakukan di wilayah Jakarta namun serempak oleh seluruh pimpinan satuan kerja BI di seluruh Indonesia. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close