MEGAPOLITAN

Kepala BPKAD : Bisa Capai Target, Apalagi Gaji PNS Sudah Baik

foto : beritajakarta.com
foto : beritajakarta.com

Jakarta Review – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ketika rapat paripurna hari ulang tahun ke-488 DKI Jakarta di Gedung DPRD, Senin (22/6/2015) kemarin menyampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bisa mencapai target penambahan penyerapan anggaran hingga 75 persen.

Tjahjo mengatakan, rendahnya penyerapan anggaran di DKI Jakarta akibat kehati-hatian Gubernur Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama dalam membelanjakan anggaran. Sebab, kata Tjahjo, Basuki tidak ingin ada penyalahgunaan anggaran.

“Tenaga di bawah lebih suka menyewa truk sampah yang Rp 400 miliar ketimbang membeli. Antara merenovasi dan membangun SD, lebih mahal renovasinya. Itulah yang saya kira membuat Gubernur hati-hati dalam membelanjakan anggaran,” ungkapnya.

Meski demikian, Tjahjo menyatakan upaya pencegahan korupsi tidak boleh sampai membuat rendahnya penyerapan. Sebab, rendahnya penyerapan anggaran akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, dan kesejahteraan masyarakat.

Saat memberi sambutan pada sidang paripurna istimewa DPRD dalam rangka peringatan HUT ke-448 Jakarta tersebut, Mendagri Tjahjo Kumolo juga mengingatkan Gubernur Basuki tentang penyerapan anggaran. “Yang memprihatinkan saya adalah anggaran baru 10 persen penyerapannya di DKI. Tolong pacu, kalau tidak, yang rugi masyarakat,” imbuhnya.

Dia meminta Basuki untuk memperbaiki penyerapan anggaran daerah. Karena bila penyerapan APBD sangat minim, hal itu akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan serta memengaruhi kesejahteraan masyarakat.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Heru Budi Hartono juga sependapat dan yakin Pemprov DKI Jakarta bisa mencapai target tersebut.

“Kita harus bisa mencapai target, apalagi karyawan sudah mendapat gaji dan TKD (tunjangan kinerja daerah) yang baik.Dan yang penting satuan kerja perangkat daerah (SKPD) kinerjanya juga harus baik,” papar Heru di Balai Kota, Selasa (23/5/2015).  (Tika)

Tags

Artikel Terkait

Baca Juga

Close
Close