MEGAPOLITAN

Sekda Imbau Warga yang ke DKI Lengkapi Dokumen Kependudukan

Sekda DKI Jakarta Saefullah saat meninjau lokasi penukaran uang di Monas yang digelar BI bekerjasama dengan perbankan nasional. (dok: Istimewa)

Jakarta Review, Jakarta – Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Saefullah mengatakan pemprov tidak bisa melarang bila ada warga Jakarta yang membawa kerabatnya dari daerah datang ke Ibu Kota. Namun ia mengimbau, agar membawa kelengkapan dokumen kependudukan. Pasalnya, Pemprov DKI akan mengadakan bina kependudukan setelah Lebaran.

“Mungkin pesan kami dari Pemprov DKI, pulang kampung pasti ada yang kembali membawa kerabat keluarganya ke Jakarta. Saya minta seluruh dokumen kependudukannya dipenuhi,” kata Saefullah di lapangan parkir IRTI Monas, Jakarta Pusat, Jumat (17/5/2019).

Ditegaskan Saefullah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tidak bisa melarang warga dari daerah lain datang ke Jakarta. Karena Jakarta adalah ibu kota Indonesia, sehingga milik semua rakyat Indonesia. “Kita tidak bisa bilang, jangan, tidak boleh datang ke Jakarta. Karena Jakarta adalah kota terbuka,” ujar Saefullah.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta total keseluruhan pemudik yang kembali ke Ibu Kota pada 2018 mencapai 5.934.686 orang dengan perincian 3.940.676 pemudik menggunakan mobil, 634.703 pemudik dengan pesawat, 5551.479 pemudik dengan kereta api, 501.302 pemudik dengan sepeda motor, 292.868 pemudik dengan bus dan 13.658 pemudik dengan kapal laut.

Sumber: BeritaSatu.com

Tags

Artikel Terkait

Close