MEGAPOLITAN

Swasta Minati Investasi di Proyek LRT Jabodetabek

Proyek lrt jabodebek diminati swasta. (tirto.id)

Jakarta Review, Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menyatakan, salah satu perusahaan swasta dari Grup Ratu Prabu ingin menanamkan investasinya terkait pembangunan Light Rail Transit (LRT). Sandi menilai, mereka membawa konsep yang cukup matang terkait LRT tersebut, yakni dengan membangun LRT di atas lahan yang luasnya lebih dari 200 kilometer di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

“Total investasinya sekitar US$ 25 miliar selama lima tahun dari tahun 2020-2025 dibagi tiga tahapan,” kata Sandi di Balai Kota, (4/1).

Sandiaga mengatakan, total dana yang akan digalang sekitar Rp 320 triliun dengan konsep sepenuhnya bussines to bussines (B2B) tanpa dukungan dari pemerintah dalam pemberian jaminan. Penawaran ini mengandalakan investor dari Korea, Tiongkok, dan Jepang.

“Terus terang kami sangat gembira karena ini adalah suatu usulan yang sangat konkret dalam mengatasi masalah kemacetan di Ibu Kota dan mereka sudah berkomuniaksi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek dan Kementerian Perhubungan,” katanya.

Rencananya, katanya, hal tersebut akan dimatangkan dan dikaji terlebih dahulu. Namun pada dasarnya Jakarta ingin memiliki transportasi berbasis rel yang tidak kalah dengan kota-kota besar di luar negeri.

Sumber: Suara Pembaruan

Tags

Artikel Terkait

Close