BIROKRASIMEGAPOLITAN

Tahun Ini Ada 3 RPTRA Tambahan di Benhil

Lurah Bendungan Hilir Gatra Pratama Putra. (Sigit Artpro)

Jakarta Review – Kelurahan Bendungan Hilir Kecamatan Tanah Abang Jakarta Pusat kini telah memiliki 2 ruang publik terbuka ramah anak (RPTRA). Keduanya berada di Taman Guntur seluas 1200 meter persegi yang berada di RW 03 dan Komplek Keuangan di RW 06 seluas 700 meter persegi.

“Alhamdulillah Kelurahan Benhil telah memiliki 2 RPTRA yang berlokasi di Taman Guntur dan Komplek Keuangan. Sejak awal tahun ini kedua RPTRA tersebut telah diserahterimakan kepada kami untuk dipergunakan untuk mendukung aktifitas warga,” ujar Lurah Benhil Gatra Pratama Putra.

Menurutnya berdirinya RPTRA di wilayahnya sejalan dengan keinginan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang menargetkan setiap kelurahan harus memiliki ruang publik terbuka ramah anak (RPTRA).

Keberadaan RPTRA lanjut Gatra sangat bermanfaat untuk mendukung aktifitas warga dari berbagai kelompok usia. Mulai dari anak-anak hingga lansia bisa menggunakan RPTRA. Beragam aktifitas pun bisa dilakukan di RPRTA mulai dari olahraga, rapat warga, kegiatan kesenian hingga hajatan.

Dengan beragam manfaat tersebut, tahun ini pihaknya ingin menambah 3 RPTRA lagi di wilayahnya. Jadi hingga akhir tahun ini Kelurahan Benhil bakal memiliki 5 RPTRA.

“Dari program yang sudah disiapkan tahun ini kita akan tambah tiga RPTRA lagi. Daftar Perencanaan Anggarannya sudah disetujui oleh Dinas Perumahan dan lelangnya juga sudah jalan,” jelasnya.

Adapun ketiga RPTRA yang akan dibiayai oleh APBD tersebut berada di RW 02 Taman Rawa Pening seluas 1000 meter persegi, RW 04 Blok C Danau Bedara seluas 700-800 meter persegi, RW 08 Rusun Bendungan Hilir seluas 1000 meter persegi.

Mengacu pada dokumen perencanaan anggaran Dinas Perumahan tahun ini wilayah Kotamadya Jakarta Pusat akan dibangun 15 RPTRA. Kerena itu dirinya senang tahun ini bisa mendapat alokasi pembangunan 3 RPTRA.

“Pengennya sih mau dapat jatah lebih dari 3. Apalagi untuk urusan legalitas, tanah di Benhil sudah nggak ada masalah. Jadi tinggal bangun saja nggak usah beli tanah,” tandasnya.

Guntur menambahkan Bendungan Hilir sejarahnya adalah kampung perumahan yang dipindahkan dari Senayan. Makanya disini ada pasar, sekolah lengkap, rumah sakit. Untuk sekolah cuma kurang universitas saja. Dan sebelum ada RPTRA lanjutnya, di Benhil sudah ada 20 taman yang semuanya asset Dinas Pertamanan dan Kehutanan. Jadi kalau di wilayah lain sudah bangun RPTRA karena harus beli lahan. Alhamdulillah disini nggak perlu beli. (win)

Tags

Artikel Terkait

Close