HUKUMMEGAPOLITAN

Tebang Pohon Milik DKI, Pengusaha Mebel Divonis Denda Rp 25 Juta

pengusaha penebang pohon diadili dipengadilan negeri Jakarta Pusat. (denny/poskota)

Jakarta Review – Warga Lubang Buaya, Jakarta Timur, Ramdhoni Adi Widodo, divonis denda Rp25 juta. Pengusaha meubel tersebut, terbukti menembang pohon milik Dinas Kehutanan DKI Jakarta yang berada di atas fasos – fasum tanpa ijin.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Ramdhoni Adi Widodo telah terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan penebangan pohon,” ujar Ketua Majelis Hakim, Hastopo, saat membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat seperti dikutip poskotanews.com, Jumat (15/9).

Dalam persidangan tersebut, terdakwa juga ikut dihadirkan jaksa penuntut dan langsung divonis. Putusan yang dibacakan majelis hakim langsung berkekuatan hukum tetap dan mengikat.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat dan Penegakan Hukum Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Henri Perez, mengatakan dengan dimeja-hijaukannya pelaku penebangan pohon ilegal tersebut diharapkan dapat membuat jera warga.

“Mengingat manfaat pohon secara ekologis ini sangat bermanfaat bagi manusia dan juga sebagai paru-paru kota,” jelasnya. Terkait penebangan pohon ilegal tersebut, dirinya telah menyetorkan Rp120 juta hasil denda pelanggar kepada negara. (win/poskotanews.com)

Tags
Close