MEGAPOLITAN

Tidak Kirimkan Data, Ahok Ancam Pecat Pejabat SKPD

foto : metro.sindonews.com
foto : metro.sindonews.com

Jakarta Review – Pemprov DKI Jakarta secara resmi telah meluncurkan situs data.jakarta.go.id. Dalam peluncuran portal open data kali ini ada 403 data set atau kumpulan data yang langsung bisa diakses. Jakarta sendiri merupakan provinsi pertama yang memiliki portal open data. Saat ini baru ada 15 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang rutin mengirimkan data.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama(Ahok), open data yang baru saja diluncurkan hari ini adalah bentuk transparansi. Jika ada SKPD yang tidak mau memberikan data, maka dinilai Ahok tidak transparan.

“Kalau Anda tidak mau buka data, berarti Anda curang. Smart city menurut saya itu sederhana, keterbukaan data, keikutsertaan partisipasi publik itu saja,” ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (30/6/2015).

Ahok pun tidak segan-segan mengancam akan memberikan sanksi kepada SKPD yang tidak mengirimkan data-data yang dimiliki situs tersebut.

Ahok mengatakan, jika memang SKPD yang diminta tidak melakukan pemberian data maka dengan gampang akan dillakukan pencopotan jabatan. “Kalau ada yang tidak mau mengirimkan data akan langsung distafkan, TKD (Tunjangan Kinerja Daerah)-nya langsung dicabut juga,” tegasnya. (Tika)

Tags

Artikel Terkait

Baca Juga

Close
Close